Beberapa Keyboard Shortcuts Visual Studio Code Biar Ngoding Jadi Tambah Menyenangkan

Share:
Beberapa Keyboard Shortcuts Visual Studio Code Biar Ngoding Jadi Tambah Menyenangkan. Assalamualaikum, halo semuanya jumpa lagi di sahretech, kali ini saya akan membahas beberapa shortcuts yang ada di visual studio code yang sangat berguna untuk mempercepat ngoding kalian. Mau tau ??, berikut ulasannya..




Cari-Cari Folder Project Sebelumnya (Ctrl + R)

Kalo biasanya kamu buka folder dengan klik file > klik open folder, dengan shortcut ini kamu bisa lebih mudah membuka folder-folder sebelumnya, sebuah recent list folder di bagian atas akan terbuka, jadi kalian gak perlu susah-susah lagi cari folder project sebelum-sebelumnya.


Menyeleksi Semua Kata yang Sama (Ctrl + F2 + Klik Kata yang Dicari)

Selain menggunakan Ctrl + F, kalian punya opsi shortcut lain loh yang lebih seru untuk menyeleksi kata-kata yang sama. Coba pake Ctrl + F2 dan klik kata yang dicari. Otomatis semua kata yang sama akan terseleksi dan kalian juga bisa langsung melakukan replace terhadap kata yang dipilih.




Mencari Baris atau Line (Ctrl + G)

Ketika kalian menekan tombol Ctrl + G, sebuah form di bagian atas akan terbuka. isi form dengan nomor baris yang kalian cari, otomatis VS Code akan mencari baris yang dimaksud, jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi scroll ke atas atau ke bawah untuk cari baris yang diinginkan.



Membuka File Dalam Satu Folder (Ctrl + P)

Bukan Ctrl + O ya, klo yang itu buka file dari luar folder. Tapi shortcut yang ini akan menampilkan list file yang telah dibuka sebelumnya, Cara ini akan sangat efektif digunakan kalo file-nya sangat banyak.



Copy Paste Bagian Tertentu (Seleksi Section dan Shift + Alt + Down/Up)

Mau ngopy section di atas  ? pake shortcut ini aja gan. Caranya seleksi bagian yang ada di atas lalu tekan tombol Shift + Alt + Down/UP, otomatis bagian yang terseleksi tadi ter-paste di bagian bawahnya. Ajaib, kalian tidak perlu pake Ctrl + C dan Ctrl + V untuk melakukan hal yang sama.



Memberi Komentar ke Semua Bagian yang Diseleksi (Ctrl + /)

Setiap codingan pasti akan ada bagian-bagian tertentu yang akan kita beri komentar, tapi kalo jumlah barisnya banyak bagaimana cara ngasih komentarnya ?, mudah kok, caranya seleksi semua bagian yang ingin diberi komentar, lali tekan tombol Ctrl + /. Ini berlaku untuk semua jenis bahasa pemrograman loh, jadi shortcut-nya bisa dipake di Php, Html, Css, Javascript dsb.



Melihat Semua Shortcuts yang ada (Ctrl + K dan Ctrl + S)

Kayaknya shortcuts yang dijelasin udah kebanyakan. Kalian bisa eksplorasi sendiri dengan mengandalkan shortcuts ini sengaja di tarok di bagian bawah, biar kalian baca-baca dulu blog saya. Begitu shortcut-nya ditekan, sebuah file baru akan muncul, isinya adalah semua shortcuts yang dapat kalian gunakan untuk mempermudah ngoding kalian.




Sekian Beberapa Keyboard Shortcuts Visual Studio Code Biar Ngoding Jadi Tambah Menyenangkan. Semoga dapat membantu, apabila ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. happy Coding :)


No comments