Tips Aman Berselancar di Internet Tanpa Meniggalkan Jejak

Share:
Tips Aman Berselancar di Internet Tanpa Meniggalkan Jejak. Berbeda dengan para kriminal yang selalu menyembunyikan jejak digitalnya. Para orang baik pun juga harus berhati-hati dan selalu waspada terhadap data-data mereka di internet. Pasalnya, data-data tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang jahat untuk melakukan penipuan dan kegiatan lain dengan tujuan materi.

Tidak hanya disalahgunakan, setiap orang juga perlu waspada terhadap apa yang mereka lakukan di internet, waspada untuk tidak menyebar kebencian, waspada untuk tidak menyebar berita hoax, dan selalu waspada untuk tidak menyebar hal-hal negatif. Karena pada suatu saat nanti, saat kalian menjadi public figure, seorang pendakwah, seorang politisi, atau bahkan hanya menjadi orang biasa, orang lain akan menggunakan history kalian untuk menyerang balik kalian.





Sebagian besar mengakses website dilakukan melalui browser. Tapi tahukah kalian ada cara aman yang bisa dilakukan agar saat berselancar di internet tidak meninggalkan jejak. Berikut beberapa caranya :

Menggunakan Mode Privat

Cara paling mudah agar rekam jejak kita tidak tertinggal di browser adalah dengan menggunakan mode privat yang saat ini telah didukung oleh sebagian besar peramban populer. Contohnya pada Google Chrome, Chrome menyediakan mode private yang dikenal dengan nama mode incognito. Mode privat ini bukan mode default. Jadi saat peramban dijalankan, akan selalu menggunakan mode biasa. Mode privat bisa diakses setelah peramban dijalankan dan saat pengguna hendak membuka jendela atau tab peramban baru.

Cara untuk menjalankannya mudah sekali, kalian tinggal klik titik tiga yang berada pada pojok kanan atas. Lalu pilih New incognito windows untuk membuka jendela baru. Dan tampilannya biasanya gelap, yang menandakan mode privat telah aktif.

incognito mode - sahretech
Mode private (Incognito Mode)


Menggunakan Tor Browser

Ada juga peramban web yang selalu didesain untuk selalu menggunakan mode privat, yaitu Tor Browser. Tor browser bukan sekedar peramban yang bersifat privat, melainkan peramban yang juga berjalan di atas sistem Tor.

tor browser - sahretech
Tor Browser


Sistem Tor tersebut akan memberikan proteksi kepada penggunanya dengan cara memantulkan transmisi komunikasi di seputaran jaringan terdistribusi yang dijalankan oleh sukarelawan di berbagai belahan dunia. Dengan adanya perlindungan tersebut, orang lain tidak akan bisa melihat koneksi internet anda dengan mempelajari situs-situs yang anda kunjungi. Situs yang anda kunjungi juga tidak bisa mengetahui lokasi fisik kalian secara langsung.

Bahkan saat anda memaksimalkan ukuran jendela Tor browser, peramban tersebut akan memberikan peringatan bahwa perbesaran ukuran layar dapat dimanfaakan pihak tertentu untuk mendeteksi lokasi kalian. karena itu peramban ini akan menyarankan penggunanya untuk selalu menggunakan ukuran jendela default

Menggunakan Web Proxy

Sama seperti cara-cara di atas, Web proxy juga berfungsi untuk mengecoh lokasi kalian saat masuk ke situs tertentu dan menerobos situs-situs yang telah diblokir. Web proxy yaitu sebuah layanan koneksi yang memberikan kalian akses aman ke situs-situs yang dituju. Kalian bisa mencarinya secara online di internet dengan mengetikkan web proxy di kotak pencarian.

web proxy - sahretech
Web Proxy



Meski menggunakan jaringan private, saya pun kurang yakin 100% bahwa saat beselancar dengan mode private, kita tidak meninggalkan jejak sama sekali. Tapi, saya selalu menyarankan untuk tetap waspada. Baik, sekian Tips Aman Berselancar di Internet Tanpa Meniggalkan Jejak. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, kurang lebihnya saya mohon maaf, bila ada pertanyaan, kritik, dan saran, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. See you next time :)




No comments