Cara Downgrade Versi Wordpress Aman, Cepat & Mudah

Share:
Cara Downgrade Versi Wordpress Aman, Cepat & Mudah. Assalamualaikum, halo semuanya kembali lagi bersama sahretech, kali ini saya akan berbagi tips & trick cara menurunkan versi wordpress secara aman dan mudah. Ikuti terus tutorialnya hanya di sahretech.com






Alasan Melakukan Downgrade

Sebenarnya wordpress versi terbaru memiliki banyak pembaharuan dan fitur-fitur menarik tetapi karena satu atau dua alasan sehingga orang lebih memilih untuk menurunkan versi wordpress mereka. Menurut saya, setidaknya ada 2 faktor yang menjadi alasan mereka menurunkan versi wordpress mereka ke versi sebelumnya :
  1. Tidak kompatibel : Wordpress bisa berjalan aman dan lancar, tapi ada plugin dan widget di bagian tema tertetnu yang tidak kompatibel. Seperti yang pernah saya alami, saya menggunakan tema yang kompatibel dengan editor lama. Setelah saya upgrade ke versi terbaru, ternyata widget dari tema tersebut tidak mendukung editor gutenberg. Dari pada pusing, saya downgrade aja ke versi sebelumnya. Dan akan diupgrade kembali sampe ada tema versi terbaru.
  2. Tidak nyaman : Wordpress bisa berjalan aman dan lancar, semua plugin dan widget tema juga berjalan lancar, tapi mungkin pengguna tidak terbiasa atau kesulitan menggunakan versi baru sehingga mereka lebih memilih untuk menurunkan versi.
Saya kira 2 faktor di atas sudah cukup untuk mewakili alasan kenapa orang mau turun ke versi sebelumnya. Dan bagi saya, alasan tidak nyaman itu bisa diatasi dengan mempelajari dokumentasi dari versi wordpress terbaru, serta pembiasaan dalam menggunakannya. 

Cara Downgrade Wordpress ke Versi lama

Mungkin ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi kali ini saya akan membagikan cara downgrade yang sangat mudah, aman, cepat dan tidak merepotkan
  • 1. Masuk ke Wordpress kalian masing-masing
  • 2. Pilih menu plugin > tambah plugin baru > cari WP Downgrade di kotak pencarian > lalu pilih pasang sekarang > lalu aktifkan
install wp donwgrade - sahretech
Install Plugin WP Downgrade

  • 3. Pilih menu pengaturan > WP Downgrade > lalu pilih target versi wordpress yang akan diturunkan > save changes
WP Downgrade step 1

  • 4. Lalu pilih Up Downgrade/core
WP Downgrade step2 target 4.9.9

  • 5. Pilih Update Now, lalu tunggu proses downgrade
  • 6. Setelah proses selesai, silahkan kembali ke menu dashboard dan kalian akan langsung di tampilkan gambar seperti gambar di bawah ini. klik Update Wordpress Database untuk mensinkronkan database versi sebelumnya ke versi sekarang.
WP Downgrade step 3 sinkronisasi database

  • 7. Dan selamat Wordpress kalian berhasil didowngrade ke versi 4.9.9
WP Downgrade ke versi 4.9.9 sukses

Catatan : Upgrade itu sangat penting, karena salah satu manfaatnya adalah untuk menghindari bug dan celah keamanan. Selain itu, pembaharuan akan terus dilakukan, saat kalian sering tidak melakukan pembaharuan maka akan banyak dokumentasi yang perlu dipelajari dan ini tentu akan semakin menyulitkan kalian.

Ok, sekian tutorial Cara Downgrade Versi Wordpress Aman, Cepat & Mudah. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan apabila ada pertanyaan, krtik, dan saran silahkan tinggalkan pesan di bawah ini. See you next time :)


No comments