Cara Install Laravel di Localhost Server

Share:

Cara Install Laravel di Localhost Server. Assalamualaikum.. Laravel adalah salah satu framework frontend yang sangat populer saat ini, framework ini memiliki banyak sekali kelebihan yang memudahkan kita dalam pengemebangan aplikasi berbasis web. Karena populer, maka kali ini saya akan mengulas cara install laravel di localhost server.



Apa itu Laravel ?

Sebagai permulaan saya akan sedikit menjelaskan apa itu laravel. Laravel adalah sebuah framework php dibawah lisensi MIT, laravel dibangun menggunakan konsep MVC(model view control). Dibuat oleh Taylor Otwell dan dirilis pertama kali pada tahun 2011. Laravel ditunjukkan untuk pengembangan aplikasi web cepat, karena sintaksisnya yang ekspresif, elegan, dan telah disederhanakan. Lalu apa saja fitur yang ada di laravel ?

  • Bundles : fitur dengan sistem pengemasan modular dan tersedia beragam aplikasi
  • Eloquent ORM : penerapan php lanjutan yang menyediakan metode internal dari pola active record.
  • Routing : membuat hubungan/jalan antara link dan aplikasi
  • Migration : sistem kontrol ke database
  • Artisan : perintah-perintah yang dapat melakukan tugas tertentu melalui cmd
  • Blade : fitur di dalam laravel untuk menampilkan output dan menyederhanakan tag php.

fitur-fitur di atas bisa teman-teman pahami lagi detailnya pada link berikut ini https://medium.com/laravel-indonesia/7-alasan-menggunakan-framework-laravel-dibandingkan-native-php-89462abd806. Mungkin cukup itu saja pembahasan tentang apa itu laravel karena saya fikir artikel ini intinya adalah cara install laravel di localhost server.

Cara Install Laravel di Localhost Server

Sebernarnya tutorial tentang install laravel sangat banyak di internet, dari website officialnya sendiri hingga para blogger seperti saya ini. Tapi saya mencoba membawakan penjelasan yang berbeda tentang bagaimana menggunakan laravel dengan bahasa yang mudah dipahami.

Disini kita akan menginstal laravel versi 5.8. Untuk persyaratannya anda bisa membacanya disini Laravel Dokumentasi. Tapi agar lebih mudah, teman-teman tinggal install xampp versi terbaru yang sudah mendukung php veris 7 ke atas

Ikuti tahapan berikut ini untuk menginstall laravel
  • Install Xampp versi terbaru yang sudah mendukung php versi 7 ke atas, xampp yang masih menggunakan php versi 7 kebawah akan mengakibatkan kegagalan penginstalasian. Download Xampp. Pilih paket yang sesuai, lalu download dan install xampp seperti biasa
  • Download composerdownload composer lalu install seperti biasa, composer berguna untuk menangani dan mengatur laravel depedensi.
  • Setelah selesai install composer, lalu buka cmd lalu ketik composer, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini
composer for manage depedency
Composer untuk mengatur depedensi

  • Masih di dalam cmd, ketikkan perintah berikut ini untuk masuk ke dalam folder htdocs. Disini saya mencontohkan folder htdocs saya berada di D:. 
Masuk ke folder htdocs

  • Setelah masuk ke dalam folder htdocs, ketikkan perintah dibawah ini, fungsinya adalah untuk mendownload laravel versi baru dengan nama folder blog. Dan juga jagan lupa pastikan komputer teman-teman terhubung dengan internet yang stabil
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog "5.8.*"

  • Tunggu hingga proses download selesai seperti gambar di bawah ini
Laravel selesai diinstal di servel lokal

  • Laravel sudah berhasil kita install di server lokal, selanjutnya untuk bisa menjalankan laravel hidupkan xampp terlebih dahulu
  • Lalu buka browser ketik localhost/blog/public. Maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Laravel First Landing
Laravel First Landing Page


Mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan wajib dipenuhi, pastikan xampp yang digunakkan sudah mendukung versi php 7 keatas. Dan pastikan juga saat instalasi, komputer teman-teman tersambung dengan internet yang stabil.

Mungkin cukup sekian tutorial tentang cara install laravel di localhost server. Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat membantu teman-teman sekalian dalam menginstal laravel. Ada pertanyaan, kritik dan saran bisa tinggalkan komentar di bawah ini. Happy coding!

    No comments