Cara Import Data Excel ke Database phpmyadmin

Share:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Kali ini admin ingin membagikan tutorial cara mengimport file excel ke dalam database phpmyadmin. Phpmyadmin adalah tampilan antar muka atau user interface database, jadi di dalam tutorial ini kita gak pake ngoding-ngoding, dan gak buka terminal, atau CMD.

Import data adalah hal yang sangat membantu sekali, dengan adanya fitur ini kita tidak perlu menginput data satu persatu ke dalam database. Jelas ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Bayangkan saja jika ada ribuan data harus dimasukkan satu persatu ke dalam database bagaimana jadinya ?, jelas ini tidak efisien dan efektif. Ok, daripada berlama lama kita langsung saja masuk ke tutorial

Cara Import Data Excel Ke Database Phpmyadmin

1. Buat Sebuah File Excel Baru

Buka Microsoft Excel lalu buat sebuah data seperti gambar di bawah ini. beri nama file tbl_latihan dan simpan dengan tipe (Save as type) CSV(Comma Delimeted). CSV adalah salah satu jenis file yang bisa diimpor ke database.

tbl_latihan.csv


2. Buat Database dan Table

Buka browser, lalu ketik localhost/phpmyadmin. Lalu buat sebuah database baru bernama latihan dan tabel bernama tbl_latihan, dengan field-fieldnya (struktur tabel) sebagai berikut

tabel latihan dan struktur tabelnya



3. Masukkan File Excel Ke Database

Buka menu import di database phpmyadmin, lalu choose file, kemudian cari file tbl_latihan.csv yang kita buat tadi.



lalu pilih format CSV, dan isi kolom-kolom dibawahnya seperti gambar di bawah ini jika sudah klik go untuk melanjutkan.



Jika berhasil maka akan menampilkan pesan "import has been successfully finished" . Lalu coba anda lihat hasinya sekarang, buka database latihan masuk ke tbl-latihan dan lihat pada menu browse, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.


Cukup sekian tutorial cara impor data excel ke database phpmyadmin, jika ada pertanyaan atau ada error silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, semoga bermanfaat happy coding!!!.

No comments