Cara Membuat Grade Otomatis Di Microsoft Excel

Share:
Terkadang manusia sering ceroboh dan tidak teliti dalam mengerjakan tugas-tugas yang berulang. Salah satu tugas berulang yang sering dilakukan contohnya adalah pengisian nilai rapot. Jika tiba waktunya pengumpulan dan rekap nilai salah satu orang yang paling pusing adalah guru.

Ada banyak nilai yang diolah oleh guru nantinya, sejatinya mengolah nilai bukan perkara sulit kalo seorang guru tersebut smart dalam menggunakan teknologi. Kali ini saya akan membagikan tutorial membuat fungsi grade otomatis di Micorsoft Excel 2010. Apapun, jenis officenya biasanya cara-cara di bawah ini tetap working.

Cara Membuat Fungsi Grade Otomatis Di Microsoft Excel

Tidak usah berlama-lama, langsung saja kita masuk ke inti pembahasan. Pertama-tama kita buat aturan pemberian grade terlebih dahulu. Kita conothkan atruannya seperti gambar di bawah ini.


Ok, setelah kita buat aturan pemberian grade saatnya kita beraksi.
  • 1. Buka Microsoft Excel lalu buat sheet baru dan buat sebuah contoh rekap niali seperti gambar di bawah ini. Untuk kolom grade kita kosongkan terlebih dahulu, pada tahap selanjutnya baru kita berikan fungsi

  • 2. OK, kalo sudah jadi buat kode seperti di bawah ini, atau copy code di bawah ini dan pastekan di kolom grade pertama
=IF(C2>=85;"A";IF(C2>=84;"B";IF(C2>=69;"C";IF(C2>=59;"D";IF(C2<=49;"E")))))

Penjelasan : 
C2 adalah sel yang menunjukkan kolom C dan baris kedua. Sel C2 adalah nilai 100, yaitu nilai yang mau kita bandingkan dengan aturan grade A,B,C,D, atau E. Jika anda salah memasukkan sel misalhnya E2 maka otomatis semua nilai akan menjadi E.
  • 3. Setelah di pastekan, Grade untuk nama adi pasti bernilai "A", lalu tarik turun fungsi tersebut sampai ke baris ke 10. Dan hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini
  • 4. Satu catatan, jika tanda (;) tidak berfungsi atau memunculkan pesan error, coba anda ganti tanda (;) dengan tanda (,) di semua tanda (;)
Ok. sekian tutorial membuat fungsi grade otomatis di Excel, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua

No comments