Mengenal Array pada PHP, Perbedaannya dengan variabel biasa, kelebihan dan cara menulisnya

Share:

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakaatuh... Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta'ala yang telah memberikan rahamt, karunia, dan rezekinya sehingga admin bisa kembali memberikan artikel-artikel yang InsyaAllah bermanfaat bagi kita semua.

Di dalam pemrograman kita mengenal yang namanya variabel, tapi sayangnya variabel hanya dapat menyimpan 1 buah nilai saja. terus, kalo mau menyimpan lebih dari 1 nilai bagaimana ?. Maka, kita dapat menggunakan array. Dan pada artikel kali ini saya akan membahas Array lebih dalam khususnya pada bahasa pemrograman PHP.

Array

Array (bahasa indo: larik),  adalah suatu tipe data (seperti variabel) yang dapat menyimpan banyak data dengan nama yang sama. Array dapat diakses berdasarkan indexnya, index inilah yang akan kita gunakan untuk menampilkan data yang kita inginkan nantinya. Dan pada umumnya nilai array dimulai dari 0. Pengaksesan nilai array biasanya menggunakan perulangan (looping).

Perbedaan Array dengan Variabel biasa


  • Array dapat menyimpan lebih dari 1 nilai dengan nama yang sama, sedangkan variabel biasa hanya dapat menampung 1 data saja
  • Array dapat diakses berdasarkan indexnya, sedangkan variabel langsung diakses lewat nama variabelnya

Jenis Array

  • One Dimensional Array, adalah array dasar yang paling sering digunakan
  • Multidimention array, adalah array yang berisi satu atau lebih array di dalamnya

Jenis Penulisan Array

  • Indexed Array, adalah array yang indexnya telah dimulai dari angka 0 atau telah ditentukan oleh komputer
  • Associative Array, adalah array yang indexnya custom, atau dapat kita tentukan sendiri
Agar penjelasan-penjelasan di atas tidak memusingkan kita, admin akan mencoba memberikan 
penjelasanya dengan menerapkannya di dalam codingan. 

Format penulisan array

  • $arrayname = array("value1","value2","value3");

One Dimensional Array

Dengan cara penulisan indexed array

Ini adalah cara yang paling dasar dan sederhana dalam penulisan array
one dimension indexed array

Dengan cara penulisan associative array

berbeda dengan indexed array, associative array dapat kita tentukan sendiri key atau indexnya. Index yang kita tentukan inilah yang nantinya akan kita panggil
one dimension associative array

Multidimensional Array

Dengan cara indexed array

yang ini mungkin sedikit memusingkan, tapi intinya di dalam array ada array lagi. dan inilah namanya multidimensional array. Cara pengaksesannya berbeda dengan array one dimension, yaitu dengan menuliskan [] sebanyak 2 kali.
multidimension indexed array

Dengan cara associative array

Ini adalah contoh yang paling rumit dibandingkan yang lain $user[0] adalah kode index array pertama, dan $user[0]["nama1] adalah kode index array ke-2. jadi kurang lebih cara menampilkan data array multidimension adalah memanggil index pertama dan index ke-2
multidimension associative array

Untuk pemula materi di atas sedikit sulit dimengerti, apalagi jika belum paham penulisan array yang paling dasar. Maka saya sarankan untuk mengerti lebih dalam lagi penulisan array mulai dari dasar, mencari referensi sebanyak mungkin, dan terus mengulang-ulanginya. kekuatan array akan lebih terexplore jika kita nantinya menggunakan array bersamaan dengan perulangan(looping). Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan dapat dimengerti. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.




No comments