Cara Mencegah Copy Paste Pada Konten Blogger

Share:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Alhamdulillah segala puji bagi Allah ta'ala yang telah memberikan nikmat dan rahmatnya sehingga admin dapat kembali hadir memberikan tutorial-tutorial yang insyaAllah bermanfaat bagi kita semua.

Kali ini admin ingin membagikan tips & trick bagaimana mencegah copy paste konten pada sebuah blog. Trick ini cukup berguna untuk melindungi artikel yang telah anda buat susah payah agar tidak dapat dicuri orang lain.

Sebetulnya kita akan memblok fungsi Ctrl+A dan klik kanan dengan menggunakan Javascript, fungsi ini juga akan menampilkan pesan jika ada pengunjung blog yang mencoba untuk copy paste konten. Bagi yang belum terbiasa dengan coding, ini tidak sesusah yang dibayangkan anda hanya perlu mempraktekkan beberapa langkah di bawah ini. Ok langsung saja.

Tips & Trick Mencegah Copy Paste Pada Konten Blogger

  • Buka blog anda
  • Masuk ke menu tata letak dan tambahkan gadget HTML/JAVASCRIPT, anda bisa menambahkan gadget ini dimana saja

  • Copy paste script javasscript di bawah ini, script di bawah ini berfungsi untuk memblokir fungsi Ctrl+A, Ctrl+C dan gambar

  • Jika ada yang mencoba copy paste maka blog akan memunculkan popup berupa pesan. Tapi anda dapat merubah pesan sesuai yang anda inginkan . Anda dapat merubah script pada baris ke-2.
  • Lalu klik simpan

Cukup mudah bukan ?, jika benar maka fungsi ctrl+C dan ctrl+A seolah-olah tidak berfungsi. Cara ini tidak 100% bisa melindungi konten kita dari copy paste, orang lain masih dapat menonaktifkan fungsi javascript pada browser mereka atau menggunakan cara manual tanpa menggunakan ctrl+C atau Ctrl+A dan menyanlinnya satu persatu, meski sedikit menyulitkan tapi ini tergolong copy paste. Setidaknya ada pencegahan agar hasil karya kita tidak mudah dibajak orang lain. Sekian tutorial dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua

No comments