Apa Itu C2C (Consumer To Consumer)

Share:

Di dalam e-commerce ada 5 mekanisme atau model bisnis yang dijalankan salah satunya adalah C2C (Consumer to Consumer).lalu Apa itu C2C ?

C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakuka n melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.

Beberapa contoh website C2C adalah Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Disana anda dapat menjadi penjual sekaligus pembeli.

Karakteristik C2C

Karakteristik yang ada pada C2C adalah bahwa transaksi dilakukan hanya antar konsumen saja. Tidak seperti B2C yang disana melibatkan perusahaan dalam transaksinya. atau G2C yang disana melibatkan pemerintah dalam transaksi bisnisnya. Di C2C anda dapat membeli dan menjual barang layaknya pasar. 


Kelebihan C2C

  1. Membantu perorangan/individu atau kelompok kecil untuk berjualan secara cepat ke masyarakat luas
  2. Calon pembeli dapat membandingkan harga dan kualitas dari barang atau jasa yang ingin dibeli, sehingga dapat menentukan pilihan yang paling tepat.
  3. Penjual dapat memperluas jaringan/pasar. Karena siapapun dan dimanapun situs C2C ini dapat diakses

Kekurangan C2C

  1. Pihak penjual maupun pembeli harus berhati-hati dalam bertransaksi karena adanya kemungkinan keduanya dapat terkena undang-undang perdagangan IT
  2. Banyaknya persaingan antara penjual dalam menjual barang-barang dengan kategori tertentu
  3. Pembeli tidak dapat mencoba barang secara langsung sehingga sering terjadi ketidaksesuaian atau ketidakpuasan atas barang yang diterima

Model Bisnis


No comments