Kesalahan Microsoft dan Google dalam mengeksekusi peluang Internet

Share:
Sudah 30 tahun lebih internet diperkenalkan dan dapat diakses secara luas saat ini.Dampaknya sangat luar biasa bagi masyarakat dunia.Sudah bermiliaran-miliaran data diakses secara bebas,informasi secepat kilat dapat disampaikan secara global,bertransaksi,dan bercakap-cakap dapat dijangkau dimanapun selama anda memiliki internet.

teknologi masa depan
Ilustrasi teknologi
Dengan sangat pentignnya internet saat ini bagi setiap orang,maka berarti ada lahan baru bagi orang-orang cerdas untuk berbisnis.Tapi,meskipun menjadi lahan yang menggiurkan,tak semudah yang dibayangkan bila peluang itu tidak dieksekusi dengan benar.Bahkan kegagalan eksekusi peluang tersebut dimanfaatkan orang lain untuk mendulang dollar.

Kesalahan 2 Bos teknologi dalam mengeksekusi peluang Internet

Mengabaikan Mesin pencari

Bill Gates adalah orang pertama yang memperkenalkan internet secara universal tapi ternyata bukanlah Bill Gates yang mendapatkan keuntungannya.

Microsoft perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates merupakan pionir software komputer di tahun 1975,graphical user interface tahun 1985 dan  perusahaan pertama yang memperkenalkan internet pada dunia di tahun 1998 saat windows 98 diluncurkan dengan paket Internet Explorer.

Bill Gates pendiri Microsoft
Bill Gates,as founder of Microsoft Corp

Ternyata kesempatan jutaan bahkan miliaran dollar malah diambil oleh perusahaan Sergey Brin dan Larry Page,yaitu Google.Bahkan Microsoft sendiri memperkirakan peluang miliaran dollar ini akan diambil oleh Google pada tahun 2005 dan tahun-tahun berikutnya
Bill Gates pernah mengatakan saat dia masih menjabat sebagai CEO Microsoft "Google telah menendang bokong kami".

Dan pada akhirnya apa yang dikatakan Bill Gates benar-benar terealisasikan.Dan saat ini Google menjadi mesin pencari yang paling sering digunakan,terhitung telah ada triliunan data yang dicari tiap tahunnya dengan kemampuan algoritma pencarian yang semakin baik

Terlambat membuat Sosial Media

Google adalah raja mesin pencari di tahun 2000-an hingga saat ini,produk-produk internetnyapun banyak yang berhasil dan sangat diminati oleh masyarakat.Salah satu produk unggulannya adalah Android dan Youtube.

Larry Page dan Sergey Brin,2 pendiri Google
Duo pendiri Google,Larry Page dan Sergey Brin

Google juga yang telah merebut harapan Bill Gates untuk meraup keuntungan dari internet lewat search enginenya,dan menggesar Yahoo si raja mesin pencari era 90an.Walaupun raja internet,ternyata ada wilayah yang bukan menjadi kekuasaan google,yaiut sosial media.

Peluang yang sangat masif ini ternyata diambil oleh Mark zuckerberg dengan facebooknya,facebook tercatat menjadi sosial media yang memiliki pengguna aktif terbesar dan telah menempatkan Mark di posisi ke-5 dari 100 orang terkaya di dunia(forbes 2016)

Di tahun 2011 Google mulai mencoba keberuntungannya lewat sosial media.Mereka membuat Google+ sebagai sosial media yang menggabungkan segala fungsi yang ada pada sosial media saat ini.Meskipun memiliki segudang fitur,nyatanya google+ hingga saat ini tak mampu mengejar facebook dan beberapa jejaring sosial mampan lainnya.Google+ dinilai terlambat datang dan banyak orang telah nyaman dengan facebook.

Teknologi Cepat berubah

Dunia teknologi sangat cepat berubah,Meski pun saat ini Micrososft menjadi raja sistem opearsi versi desktop dan Google raja mesin pencari dan raja sistem operasi versi ponsel,tidak berarti kejayaan mereka akan abadi.

Memang saat kita melihat Microsoft dan Google,adalah 2 perusahaan yang penuh inovasi,teknologi di dalamnya sangat kuat dan telah lebih dari 10 tahun mereka menegmbangkannya.Hal yang kita pikirkan pasti "mustahil untuk melampaui mereka dengan keadaan yang begitu mapannya akan teknologi"

tapi siapa sangka mereka nantinya akan digulingkan oleh perusahaan kecil.Seperti dulu,IBM yang telah menjadi raja mesin selama 50 tahun harus kalah berinovasi dengan Apple.Atau Yahoo yang duduk di posisi teratas harus digulingkan oleh google yang masih batita.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi