Indonesia duduki posisi ke-82 dari 144 negara dengan kualitas infrastruktur baik

Share:
Hubungan antara infrastruktur dan perekonomian adalah 2 hal yang tidak terpisahkan,Laju pertumbuhan perekonomian suatu negara dapat dinilai dari teknologi infrastruktur yang dikembangkan.

Indonesia duduk di posisi ke 82 dari 144 negara dengan Infrastruktur baik

Infrastruktur berupa fisik harus ada,untuk menunjang kebutuhan dan kehidupan masyarakat yang lebih layak.Tapi harus diakui pertumbuhan infrastruktur di Indonesia masih sangat jauh tertinggal dengan negara-negara lain.Indonesia menempati peringkat ke 82 dari 144 negara dengan kualitas infrastruktur baik.
Infrastruktur Indoensia
gambar ilustrasi

Dampaknya daya saing Indoensia masih rendah.Indonesia harus duduk di posisi ke 34 dari 144 negara dengan daya saing baik.Di ASEAN Indonesia duduk di posisi ke-4 di bawah Singapura,Malaysia,dan Thailand.

Baca Juga



Anggaran naik 100% pada tahun 2016 menjadi 313 triliun rupiah

Sejak Presiden Joko Widodo naik 2 tahun lalu,pemerintah menggelontorkan dana besar-besaran untuk pengembangan/pembangunan infrastruktur.Pada tahun 2014 silam dana infrastruktur mencapai 138 triliun rupiah,lalu pada tahun berikutnya dana naik 54% menjadi 213 triliun rupiah,pada tahun 2016 anggaran infrastruktur naik menjadi 313 triliun rupiah atau naik 100% dari tahun sebelumnya.

Melalui komite percepatan penyedia infrastruktur prioritas pemerintah menetapkan ada 30 proyek prioritas dengan pengawalan ekstra hingga 2019 mendatang,ke tiga puluh proyek tersebut didapat dari ratusan proyek yang telah diseleksi.

30 proyek terseleksi hingga 2019

Ke 30 proyek tersebut di antaranya ada 3 proyek peneydiaan air dan sanitasi,yaitu pengolahan limbah jakarta dengan total dana 8,1 triliun .Sistem penyediaan air minum semarang barat dengan total anggaran 117 triliun rupiah dan national capital integreted development fase A dengan anggaran 26 triliun rupiah.

Proyek di bidang energi dan ketenaga kelistrikan ada sekitar 12 proyek,pembangunan jalan dan transportasi seperti LRT di kota palembang,Proyek di bidang teknologi ada Palapa broad band senilai 3,6 triliun rupiah.

Penggelontoran dana yang dilakukan pemerintah semoga dapat berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat indonesia,khususnya daya saing dan kualitas hidup.

Semoga kedapannya Indoensia memiliki infrastruktur yang makin membaik,pembangunan dapat merata dan setiap orang dalam lapisan masayarakat dapat merasakan kualitas hidup yang lebih layak.

No comments