Dijual mahal,berapakah harga produksi Iphone 7 dan Galaxy S7 sebenarnya?

Share:
Dijual mahal,berapakah harga produksi Iphone 7 dan galaxy S7
Samsung Galaxy S7 dan Iphone 7 sumber(rischiocslcolato.it)

Samsung dan Apple beberapa waktu belakangan ini menjadi pembuat ponsel cerdas paling banyak diminati oleh masyarakat.Degan banyaknya minat masyarakat akan 2 brand ini,jelas kedua-duanya tidak akan ketinggalan untuk memproduksi ponsel andalan mereka masing-masing.

Saat ini ada Galaxy S7 dan disusul oleh Iphone 7 yang baru hadir pada bulan september lalu sebagai flagship dan karya seni dari kedua pionir smartphine ini.Sebagai flagship tentu kedua-duanya tidak akan asal-asalan memberikan komponen-komponennya,apalagi masalah kualitas.


Baca Juga



Tapi tahukah anda berapa harga produksi dari Iphone 7 dan Galaxy S7 sebenarnya?kenapa harganya dan kualitasnya sangatlah premium?

Menurut laporan yang didapatkan,saya mengutip beberapa laman seperti detik.com dan kompas.com bahwa biaya manufaktur atau produksi dari kedua ponsel ini tidak begitu mahal dari harga jualnya di pasaran.

Harga Iphone 7 dan Samsung Galaxy S7 sebenarnya?

Iphone yang saat ini dijual dengan harga 10 jutaan untuk Iphone 7 dengan varian memory 128GB ternyata harga produksinya hanya 2,9 juta saja.Dan Samsung Galaxy S7 yang saat ini di pasaran dengan harga 9 hingga 10 jutaan ternyata biaya produksinya hanya 3,3 juta saja.Kedua laporan ini didapat dari riset yang dilakukan oleh IHS dengan melihat komponen-komponen yang ada pada kedua ponsel ini.

Bila dilihat dari versi CNN Money Iphone 7 dibuat seharga 3,8 juta dengan biaya boardnya yang paling mahal yaitu 74 dollar lalu disusul dengan layarnya senilai 37 dollar.Adapun Galaxy S7 versi IHS,Samsung perlu mengeluarkan uang 800 ribu untuk membeli prosessor terbaru buatan qualcomm,yaitu qualcomm snapdragon 620 lalu disusul dengan sensor kamera dual piksel seharga 13,7 dollar atau sekitar 170 ribuan.

Dilihat dari harga yang dipatok oleh kedua produsen ponsel ini,sangat terlihat bahwa keduanya mengambil untung lebih dari 50% untuk satu unitnya.Mematok harga semahal ini untuk sebuah ponsel yang harga pembuatannya tidak lebih dari 400 dollar atau tidak lebih dari 5 jutaaan,jelas sedikit merugikan pembeli dan untung besar bagi pembuat.

Tapi tunggu dulu,dipikir-pikir untuk harga 10 jutaan sebernya sebanding dengan perforam yang ditawarkan kedua ponsel ini.Apalagi mengingat harga di atas adalah harga perakitannya saja.Belum lagi biaya iklan dan promosi,riset development,aplikasi dan software yang ada,gaji karyawan dan biaya oprasional lainnya.

No comments