Perbedaan Apple dan Google Dalam Lini Bisnis dan Kemaslahatan Manusia, Menurut Sahretech

Share:
Bukanlah hal yang baru bila Google dan Apple sering berseteru. Apalagi berita tentang android yang katanya adalah produk hasil curian dari IOS(sistem operasi milik Apple) atau terkait dengan paten teknologi yang di miliki oleh Apple.

google vs Apple
(sumber:freerepublic.com)

Tertulis dalam buku biografi Steve Jobs(founder Apple) di tahun 2011 sebelum kematianya, "Steve mengatakan :
"saya akan menghabiskan nafas terakhir yang sedang sekarat ini untuk membuat semuanya menjadi benar.Saya akan hancurkan android karena merupakan sebuah produk curian,dan saya siap ikut dalam perang 'termonuklir' ini."

Saya kira perbedaan antar 2 perusahaan besar ini sangat menonjol dalam sisi bisnis dan tujuan mereka di masa depan. Tidak perlu terlalu teliti, orang awam yang sering membaca beritanya pun mengerti perbedaan 2 perusahaan besar ini. Kita bisa melihat banyak produk google dan itu semua gratis. Berbeda dengan Apple yang hampir semua produknya dikomersialkan dengan harga yang mahal.

Apple Tidak Murah, Google Gratis

Walaupun saya tidak begitu mengenal produk-produk Apple dibanding google, tapi saya berani mengambil kesimpulan bahwa google lebih memilih untuk mengembangkan kepentingan orang-orang banyak dan memberikan wadah yang luas untuk semua orang berkreasi.

Sedangkan Apple adalah hal sebaliknya. Semua produknya bernilai mahal, tidak sebanding dengan kompetitor lain. Maka tak heran hampir di setiap produknya dijual dengan harga tinggi, 2 hingga 3 kali lebih mahal dibanding produk sejenis. Maka tak heran juga bila produk-produk Apple hanya dimiliki oleh kalangan-kalangan tertentu saja.

Apple Utamakan Keindahan, Google Kembangkan Banyak Produk untuk Kepentingan Manusia

Di saat Steve masih hidup, Steve pernah mengatakan kepada Larry Page(founder Apple) bahwa google memiliki banyak produk dan itu semua tidaklah membaut google fokus. Akan ada banyak produk google tapi produk itu hanya akan lumayan tapi tidak menjadi produk yang hebat.(disampaikan Steve jobs saat acara finansial kepada pendiri Google Larry Page)
google vs apple
ilustrasi steve jobs vs erick(sumber:allthingsd.com)

Kesimpulannya selain strategi mereka berbeda, keduanya juga memiliki visi, misi, dan pemikiran ke depan yang berbeda. Google akan menciptakan banyak hal dan akan membantu banyak manusia. Sedangkan Apple tidaklah memiliki banyak produk tapi mereka berusaha fokus dengan itu dan menjadikannya hal yang hebat dan berbeda dari yang lain.

selama berpuluh-puluh tahun para ahli telah mengembagnkan mesin yang dapat mengerti dan membantu aktifitas manusia.Mungkin mesin itu akan terwujudkan.Sayangnya mesin itu membawa dampak dan kehawatiran baru yang tidak dapat dihindari...klik baca

Google Memiliki Banyak Layanan Keren di Internet

Apple bilang "yang terbanyak bukanlah yang terbaik".Google bilang "seharusnya hal yang mudah dibuat dan diperbanyak tidaklah mahal". Dari kedua kalimat yang dilontarkan keduanya terlihat kalau mereka berdua saling menyindir.

Semua orang akan atau kebanyakan orang akan setuju bila google adalah inovator. Kita bisa melihat karya-karyanya yang bisa kita nikmati dengan mudah dan gratis. Berbagai layanan tersedia di internet mulai dari aplikasi kirim pesan, email, sosial media, konten hiburan berbagi video, menulis blog, dan lainnya.

Kita bisa lihat dan rasakan kemudahan apa saja yang mereka tawarkan. Mereka cerdas dan kreatif. Lewat search engine terpopuler di dunia kita bisa mencari apa yang kita tidak ketahui.Google berusaha meratakan pengguna internet di seluruh dunia sampai ke tempat terpencil sekalipun.


Yang Terbanyak Bukanlah yang Terbaik

Saya sejujurnya lebih memilih Google, karena saya suka rencana-rencana briliannya. Google juga lebih terbuka banyak proyeknya yang open source(terbuka untuk para pengembang). Dan terkadang blak-blakan tentang proyek yang sedang mereka garap.

Tapi banyak hal yang bisa kita ambil dari Apple. Mereka juga punya pemikiran hebat tentang bisnis dan teknologi di masa depan. Apple mengklaim bahwa produk mereka bukanlah produk sembarangan. Bahwa hanya merekalah yang berbeda dan yang terbaik. Ini terbukti sejak berdirinya Apple,apa yang diciptakannya akan menjadi tren dan pelopor munculnya teknologi-teknologi yang mengikuti Apple di masa depan. Meskipun mahal tapi mereka mengklaim bahwa apa yang mereka jual adalah mimpi bukan produk.

perkembangan ios vs google
data pengguna android,ios,dan os lain menurut statista(sumber:www.statista.com)

Bagi Apple menciptakan banyak hal hanya akan memperlamabat ciptaan-ciptaan yang lain. Maka, fokuslah pada produk yang sedikit dan ciptakan hal yang berbeda. Alhasil Apple tetap dapat bertahan dan tetap mendapatkan tempat di hati para penggemarnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi