Apa itu OpenID?,Untuk apa?,dan bagaimana cara menggunakanya?

Share:

Berkenalan dengan Open ID dan sedikit manfaatnya

Berkomentar pada blog milik blogger lain memiliki banyak manfaat,selain sebagai rasa terima kasih kita kepada penulis blog,kita juga telah menyumbang sesuatu yang sangat berharga untuk pertumbuhan blog kita,yaitu backlink.
openid
logo OpenID(sumber:openid.net)

Pada blog-blog dengan platform wordpress,kolom komentarnya sudah mendukung penginputan alamat website.Adapun blog/web dengan platform blogger tidak semua pemilik blog mengizinkan pengunjung untuk memberikan komentar dengan alamat situs mereka.

Di beberapa blog yang saya telah temui,mereka (para admin) mengizinkan pengunjung mengisi alamat url situs mereka (pengunjung)pada kolom identitas yang telah disediakan.Adapun yang tidak mengizinkan,biasanya kita hanya bisa meninggalkan email atau identitas lainnya yang kadang tidak langsung tersambung dengan blog/situs kita.

Microsoft dan Apple adalah 2 perusahaan pionir di bidang teknologi,tapi ada kisah unik di balik kesuksesaan mereka berdua.Kisah yang banyak orang tidak tahu bahwa mereka terkenal karena telah mencuri hasil inovasi orang lain.Dan mereka berdua juga tidak terlepas dari persaingan..klik baca

Agar kita tetap dapat meninggalkan link URL situs kita pada blog orang lain kita dapat menggunakan OpenID.Apa itu OpenID?dan apa bedanya dengan berkomentar dengan identitas lain?dan bagaimana cara menggunakannya?

OpenID adalah sebuah fitur yang diperuntukan bagi pengguna untuk masuk ke berbagai layanan menggunakan identitas ID.Sehingga pengguna tidak perlu memasukkan username dan password untuk masuk pada layanan internet.OpenID biasanya berbentuk URL.

Perbedaan OpenID dengan layanan lain adalah,OpenID mengizinkan pengunjung atau user untuk menggunakan URL situs mereka sebagai identitas.Sedangkan pada layanan yang lain,user terkadang harus masuk dan mengisikan data diri berupa username dan password.Manfaatnya adalah tetntu memperkenalkan web kita pada situs lain dan memberikan backlink pada situs kita.


Berikut cara membuat akun Open ID

Sebelum anda dapat berkomentar dengan Open ID hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan diri anda.

                                           
open id
masuk ke situs Open ID,dan lakukan pendaftaran.Klik panah merah
  • Isi data-data yang diperlukan
  • Lalu konfirmasi pendaftaran lewat link notifikasi yang masuk ke email anda
  • proses pendaftaran selesai.
Saat anda telah selesai mendaftarkan diri anda dan mendapatkan akun Open ID secara resmi,anda masih harus menuju tahap selanjutnya untuk dapat berkomentar pada blog orang lain dengan Open ID.jika tidak,saat anda berkomentar anda akan menemukan pesan error dengan pernyataan "Ups itu kesalahan tidak dapat diverifikasi" atau "Kredensial Open ID tidak dapat diverifikasi"

open id
pesan error saat anda mencoba menggunakan akun Open ID

Yang perlu anda lakukan adalah menempelkan meta tag Open ID pada blog anda.Caranya:

  • Masuk ke akun Open ID anda lalu klik bacaan Use your own URL to login
  • Setelah muncul link URL anda,copy link (anda lihat pada gambar di bawah)

open id
gambar petunjuk,copy tulisan yang hanya dilingkari
  • Lalu masuk ke Blogger,kemudian masuk ke akun blog anda
  • klik Template lalu edit HTML
  • Kemudian paste kode yang telah anda copy tadi pada template blog anda di (bawah kode <head>)
  • kemudian save template anda
Sampai di tahap terakhir,anda sudah dapat berkomentar dengan Open ID.Pesan error yang muncul insyaAllah hilang.Untuk membuktikannya anda bisa berkomentar di bawah artikel ini dengan akun Open ID anda.

6 comments:

  1. Deal Gan/Sis.
    Numpang tanya ya.

    Kira2 kelebihan dan kekurangan yang ada pada OpenID itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelebihannya anda dapat menggunakan OpenID untuk berkomentar di blog/web lain dengan menggunakan URL/alamat situs kita.Dan menggunakan URL/alamat situs untuk berkomentar dapat memberikan backlink untuk blog/web kita.

      untuk kekurangannya saya tidak tahu,coba mas searching di google sendiri..... :)
      semoga jawaban saya bisa membantu

      Delete
  2. bisa terkena pelanggaran gak gan klw sering sering

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa kena pelanggaran sih mas, namanya juga keseringan pasti ada efeknya. Apalagi kebijakan google sekarang saya kurang tau.

      Delete
  3. mantap info nya gan..sudah sy coba berhasil..

    ReplyDelete