Microsoft vs Apple,sejarah 2 perusahaan yang terkenal karena hasil curian

Share:
Jika disebutkan nama Microsoft dan Apple pastilah hampir semua orang tahu.Keduanya merupakan pionir di bidang teknologi,memiliki banyak karya seni dan pembaharuan teknologi terbaru di era modern ini.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah,apakah banyak orang tahu bahwa 2 perusahaan besar yang kita kenal sekarang ini pernah mencuri hasil inovasi orang lain?Bahkan justru hasil curianlah yang berperan penting dalam membesarkan nama Microsoft dan Apple.


Apple vs Microsoft

Kisah ini dimulai saat Apple selalu selangkah lebih maju dibanding Microsoft.Dimana saat itu Apple mampu membuat banyak orang kagum dengan inovasi teknologi mereka dan dapat bersaing dengan raksasa teknologi IBM.
steve jobs dan bill gates
kiri-Steve jobs(founder Apple),kanan-Bill gates(founder Microsft)
Bill gates sebagai founder Microsoft benar-benar iri,dia mulai mencari solusi agar nama Microsoft dapat bersaing dengan Apple.Pada tahun 1981 Microsoft bekerja samaa dengan IBM bernegoisasi untuk menawarkan sebuah OS(operating system) yang akan menglahkan Apple.OS ini dinamakan dengan DOS(disk operating system).

Google memiliki banyak proyek yang luar biasa di antaranya ada proyek smartphone dan tablet yang dinamai Tango.Proyek prototype android yang menggunakan kamera motion 3D.Bila proyek Tango ini telah diluncurkan.Maka proyek Tango ini nantinya dapat memperbaiki Google Maps di masa depan.Atau dengan kata lain google maps akan lebih akurat untuk menampilkan isi ruangan...Klik untuk baca

Steve jobs selaku founder Apple juga tak tinggal diam,Apple mulai membuat inovasi baru yang disebut Lisa,Lisa membawa teknologi baru yaitu GUI(graphic User Interface) yang rapih,dimana pengguna awam tak lagi dipusingkan dengna tampilan PC yang hanya menampilkan angka-angka.Dan mereka juga telah memperkenalkan teknologi mouse.Nama Apple pun mulai menanjak.

Komputer Lisa dengan tampilan grafik atau GUI dan mouse(sumber:beritanicca.com)
Padahal teknologi yang dipakai Lisa adalah teknologi curian dari Xerox.Xerox sejatinya lebih dulu menemukan sistem GUI dan teknologi mouse.Steve berhasil mencurinya dari Xerox dan menjadikan Apple lebih terkenal dibanding penemu inovasi itu sendiri.

Bill gates lagi-lagi tak tinggal diam setelah tahu teknologi terbaru Apple.Akhirnya Bill gates segera mungkin menemui Steve jobs untuk membujuknya agar Apple mau memberikan rahasia teknologi yang sedang mereka kerjakan.

Awalnya Steve tak ingin memberikan rahasianya kepada Bill gates,tapi akhirnya Bill gates dapat membujuk Steve dengan menawarkan bantuan bahwa mereka dapat mengalahkan IBM.Akhirnya Appel dan Microsoft bekerja sama dan Bill gates berhasil membawa pulang 3 rancangan komputer terbaru milik Apple yang disebut Macintosh.

Sebenarnya hanya sebuah taktik bagi Bill gates untuk membantu Apple agar mereka mendapatkan teknologi rahasia yang dikembangkan oleh Apple.Dan kemudian membuat software baru yang dinamai Windows untuk menyaingi Macintosh.

Dan pada akhirnya penghianatan Microsoft terhadap Apple ketahuan.Steve sangat marah dan kecewa setelah tahu bahwa Nec meluncurkan sebuah komputer yang diisi dengan program dan software windows yang sangat mirip dengan Macintosh


Windows 1,adalah OS pertama besutan Microsft dengan GUI
Steve marah dan menuduh Microsoft telah mencuri karya seni mereka.Bill gates pun menjawab bahwa apa yang Apple curi terhadap Xerox juga ingin dicuri oleh Microsoft.Hanya saja pada akhirnya Microsoft yang duluan mengambil barangnya.

"good artist copy,great artist steal" artinya: seniman baik meniru,seniman hebat mencuri.Kira-kira perkataan Picasso inilah yang cocok dinobatkan untuk Steve jobs dan Bill gates.2 contoh kecil seniman yang benar-benar hebat mempraktekkan kata-kata Picasso.


Sama-sama mencuri tapi sama-sama terkenal

Mencuri memang perbuatan tercela,tapi tidak selamanya pelaku pencurian lebih hina dari pemilik barang yang dicuri.Beberapa contoh telah disebutkan diatas,bahkan produk-produk mereka ada di setiap rumah-rumah,dipakai di perkantoran,dan menjadikan pemiliknya orang terkaya di dunia saat ini.

Contoh yang lebih besar lagi adalah negara china,negara yang terkenal dengan produk-produk tiruannya.Sisi buruknya mereka mencuri,meniru produk orang lain.Tapi di sisi lain china adalah negara dengan tingkat eksportir terbesar di dunia.

2 comments:

  1. Replies
    1. terima kasih,sering-sering dateng kesini,klo setuju artikelnya jangan lupa di share

      Delete