Cara kerja mesin pencari web seperti google

Share:
Sebelum kita tahu bagaimana mesin pencari bekerja saya akan sedikit menjelaskan apa itu mesin pencari.Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk mencari file-file yang tersimpan di dalam komputer seperti server atau komputer pribadi.

mesin pencari
(sumber:komputerlamongan.com)
Kali ini saya akan membahas mesin pencari web seperti contoh yang kita kenal google,bing,yahoo.Itu semua adalah nama-nama mesin pencari yang tugasnya mencari file atau data yang diinginkan user/pengguna dalam internet.

widget subscribe akan meningkatkan trafik pengunjung dan keuntungan lainnya bagi pertumbuhan blog kita.Artikel berikut ini akan memberi tahu kalian cara membuat widget subscribe keren.... klik di sini untuk membaca

Penjelasan singkat pencarian halaman web

Disini kita akan memahami cara kerja mesin pencari layaknya google,bing,yahoo dan mesin pencari sejenis lainnya.Secara umum mereka semua tidaklah jauh berbeda dalam cara kerjanya.Hanya saja setiap mesin pencari memiliki keunikan tersendiri.Mesin pencari bekerja di tiga bagian yaitu crwaling,indexing,dan sortir(pengurutan data)
prosedur search engine
(sumber:slideshare.net)

Saya akan jelaskan satu-persatu hingga search engine memberikan data atau file yang dicari user:

1.Crawling 

Sebelum dapat menampilkan halaman web,mesin pencari terlebih dahulu harus bisa mencari dimana halaman web tersebut.Dibutuhkan web crawling atau spiderbot yang berfungsi mencari informasi atau merayapi informasi yang ada di milyaran halaman web yang eksis.

Dimulai dari halaman web yang paling populer.Begitu ditemukan web crwaler akan mengindex content dan atribut-atribut halaman tersebut.

2.Indexing

Informasi yang didapat oleh crawler disimpan agar bisa digunakkan.Indexing di perlukan guna agar hasil informasi yang ditelusuri oleh crawler dapat digunakkan.

Proses ini dimulai saat crawler mengirim hasil ke program indeks.Informasi yang di ikutkan dalam indeks tidak hanya halaman,title,meta tag,alamat url.Tapi lebih dari itu.

Mesin pencari juga menyimpan informasi tentang beberapa kali sebuah halaman web itu di kunjungi,atau sudah berapa kali halaman web itu muncul atau terlihat oleh mesin pencari atau sistem informasi terkait tentang pembobotan tiap halaman atau hasil-hasil lainnya yang membuat mesin pencari tersebut tidak terbatas pada informasi yang sedikit.

kemudian juga dibutuhkan ruang hardisk yang besar untuk menampung milyaran halaman web dan sistem yang cepat saat data-data tersebut diakses.

3.Sortir(pengurutan data)

Ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci "tempat wista" maka pencari akan mencari indeksnya yang mengandung kata-kata tersebut.Terlihat sederhana tapi itu semua dibutuhkan pengkodean yang kompleks,apa lagi terdapat miliyaran halaman web yang terindeks atau bahkan halaman yang terkait dengan kata "tempat wisata".

Maka dibuatlah sistem rangking yang membuat setiap halaman bisa diurutkan.Sistem ini dibuat agar halaman yang kita cari relevan.Di tiap mesin pencari mereka menilai setiap halaman web yang terkait dengan bobot isi halaman tersebut.

Terhitung berapa link yang masuk dan keluar,atau perhitungan-perhitungan lain yang dinilai oleh mesin pencari layak di tempatkan di halaman pertama pada mesin pencarian.
google rank
(sumber:plus.google.com)
Itulah sedikit jalan bagaimana the search engine dapat bekerja hingga menampilkan halaman web yang relevan terhadap pembaca.Jalannya sederhana tapi di dalam dan di balik itu semua mesin pencari sangatlah rumit.

Darimana semua pengetahuan Google?

Artikel di atas adalah sedikit penggambaran dari bagaimana mesin pencari bekerja.Dan dari artikel di atas kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya google dan mesin pencari lainnya bisa sejenius itu disebabkan pengguna dan penulis web-web yang ada.

Setiap orang,kelompok,organisasi,perusahaan atau semacamnya bila mereka memiliki web yang telah dipublish ke internet itu telah menambah wawasan google.Jadi,google akan semakin pintar bila semakin banyak blogger dan penulis-penulis web lainnya.

Tugas google hanya menampilka data-data yang terindex lalu di sajikan sebaik mungkin kepada pengguna yang mencari data-data tersebut







Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....