Mengenal Silicon Valley,surga teknologi dunia di selatan fransisco

Share:

Berkenalan dengan Silicon Valley

Bagi sebagian orang pasti bertanya-tanya apa itu Silicon Valley?Sillicon Valley bila kita artikan adalah lembah silikon.Ini adalah sebuah julukan atau sebutan kepada kota di AS yang disana paling banyak menghasilkan industri-industri teknologi.

Silicon Valley
sumber:(youtube.com)

Asal Usul Silicon Valley

Silicon Valley terletak di kawasan yang meliputi San Fransisco bay area dan California.Yang dikenal sebagai penghasil industri teknologi terbesar di dunia.Kemudian nama Silicon Valley sendiri,bukanlah nama yang sah untuk suatu kawasan.Nama ini hanya sebagai sebutan.

Kota tua ini terkenal dengan smart city-nya dimana ada banyak sensor yang dibenamkan di kota.Kota tua ini juga menjadi destinasi banyak tamu asing dari perusahaan teknologi yang ingin meniru keberhasilan kota Santander...Klik disini untuk baca

Diperkenalkan oleh Ralph Vaerst seorang Enterpreneur sukses.Dan dipopulerkan oleh Don Hoefler yang pngguanaanya dipakai untuk judul artikel koran mingguan electronic news.


Silicon Valley maps
Peta kawasan Silicon Valley dan letak perusahaan dan industrinya
(sumber:maxmanroe.com)

Kata Silicon Valley berasal dari Santa Clara Valley,yang terletak di ujung selatan San Fransisco bay.Dan kata silicon berasal dari tingginya perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor dan komputer.

Dari cikal bakal berdirinya HP(hewlett packard)yang berdiri tahun 1939.Kemudian perusahaan ini semakin berkembang,maka beberapa perusahaan lainnya ikut bergabung dan mendirikan perusahaan.Setelah melihat perkembangan HP.Apple computer,xerox,fairchild semiconductor yang mulai membangun perusahaan di Silicon Valley.

Silicon Valley dipahami dan digunakan secara luas baru sejak tahun 1980-an dan berkaitan erat dengan pengenalan produk IBM pc.Di tempat ini lahir inovasi dari orang-orang yang melakukan penelitian dan riset oleh para pelajar Standford University.

Juga ada film "pirates of silicon valley" yang mengangkat kisah nyata Steve Jobs pendiri Apple dan Bill Gates pendiri Microsoft yang bersaing dalam mengemabangkan inovasi teknologi mereka.

Penggunaan nama ini bukanlah keputusan dari perusahaan setempat,bukan juga atas pemerintah setempat.Penggunaan ini juga tidak sembarangan,Nama ini dimasksudkan sebagai kawasan yang perusahaan dan industrinya banyak menggunakan bahan silikon.Dan sebutan bagi kawasan yang berkembang di industri teknologi dunia,bahkan jantung industri teknologi dunia.


Taiwan ingin jadi Silicon Valley asia

Kalian tau dari mana asalnya Asus dan Acer? dua perusahaan besar ini berasal dari negara Taiwan.Tak hanya itu,Taiwan juga telah melahirkan banyak industri-industri kreatif di bidang teknologi yang terkenal di dunia seperti HTC dan Foxconn.Foxconn terkenal sebagai perusahaan komponen elektronik yang bermitra dengan Apple dalam membuat beberapa komponen-komponennya.

Setiap tahun Taiwan juga mengadakan ajang pamer teknologi yang disebut Computex.Computex telah berjalan selama 36 tahun dan selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru tiap tahunnya.

computex 2016
pembukaan Computex 2016 oleh Kuo-Hsing Liang
(sumber:jasakom.com)
Tak hanya untuk menyampaikan teknologi,ternyata Computex ini juga di jadikan jembatan utnuk menjadikan Taiwan sebagai Silicon Valley asia

Kuo-Hsing Liang sebagai Chairman Trade Development Council saat pembukaan Computex 2016(31/5/2016) mengatakan "Computex menjadi ajang yang berdedikasi dalam menciptakan platform industri yang komprehensif,menjadikan Taiwan sebagai Silicon Valley di asia dan pusat perubahan teknologi gloabal"

Untuk bisa mewujudkan mimpi besar ini,Taiwan pun butuh modal,tenaga kerja,dan orang-orang handal yang inovatifa dan kompetitif dalam bidang ini

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi