Mengenal sensor-sensor pada smartphone

Share:
Tidak disangka kemajuan teknologi saat ini telah membuat kita mengalami dampak yang luar biasa,perubahan-perubahan yang sangat signifiakan terhadap aktifitas harian kita.
sensor list
sumber : mantapps.co.id
Contohnya kemajaun telpon genggam saat ini.Telpon genggam yang lebih kita kenal dengan smartphone telah mengalami perubahan yang sangat banyak.Mulanya telepon genggam hanya dapat menelepon.Lalu lama-kelamaan telepon genggam diberi fitur kamera,lalu kemudian dapat berinternet,hingga telepon genggam dapat memetakan posisi,mengecek suhu ruangan,dan memberi pengalaman baru bagi pengguna lewat sensor-sensor yang tertanam pada telepon genggam.

Di antara dampak positif yang dapat kita ambil bahwa dengan adanya teknologi IOT pekerjaan dan aktifitas manusia dapat lebih cepat dan efisien untuk diselesaikan.Bahkan.......klik disini untuk membaca

Tapi tahukan anda dan seberapa kenalkah anda dengan sensor yang dimiliki smartphone anda?.Berikut saya akan menjelaskan satu persatu.Dan memberikan manfaat atau gambaran penerapan pada setiap sensor.

Kategori motion sensor

gyroscope sensor
gyroscope module sensor
(sumber : elektor.com)
  1. Accelerometer : adalah sensor yang harus ada pada setiap smartphone saat ini,manfaat dari sensor ini dia dapat mendeteksi dan mengukur getaran serta gerakan.Biasanya gerakan shake dan tilt.Penggunaan yang paling sering pada smartphone adalah saat layar dimiringkan maka,posisi screen pun ikut atau secara otomatis miring.
  2. Gyroscope : Mirip dengan accelerometer,sensor ini berfungsi untuk mendeteksi rotasi suatu perangkat.Jika,pada accelerometer di pengaruhi oleh gravitasi maka,gyroscope tidak dipengaruhi oleh gravitasi.Dan gerakan yang dihasilkan pun lebih halus dibanding accelerometer.Sensor seperti ini biasa digunakkan pada game seperti temple run atau biasa digunakkan pada virtual reality.

Kategori environmental sensor(sensor lingkungan)

  1. Ambient light : berfungsi untuk mendeteksi cahaya di sekitar dan menyesuaikan tingkat kecerahan agar  pengguna dapat melihat tampilan layar dengan jelas.Penyesuaian otomatis ini juga dapat mengurangi ketegangan mata agar lebih nyaman.Contoh penggunaannya adalah layar otomatis menerang saat gelap dan meredup saat ruangan terang.Contoh lainnya pada aplikasi kamera agar pengguna tidak repot mengatur tingkat kecerahan.
  2. Ambient temperature : sensor yang berfungsi mengukur suhu ruangan.Kegunaan lainnya dapat mengukur tekanan angin dan,serta kondisi cuaca.Tidak banyak smartphone yang memiliki sensor ini.Salah satu smartphone yang mendukung sensor ini adalah galaxy S4
  3. Barometer : sebagai sensor yang dapat mengukur tekanan atmosfir.Sensor ini biasa tertanam pada smartphone high-end untuk mengukur seberapa tinggi permukaan laut dan meningkatkan akurasi GPS

Kategori position sensor

gyroscope sensor
sensor proximity saat menerima telepon
(sumber : semiconductor-today.com)
  1. Magnetic field : Sensor yang biasa ada pada aplikasi kompas atau penunjuk arah.Juga biasa digunakkan pada aplikasi pendeteksi logam dan hantu dengan cara mendeteksi gelombang elektro magnetik
  2. Proximity : sensor yang biasa kita temukan saat ada panggilan masuk pada smartphone kita.Layar pada smartphone akan otomatis mati saat kulit menyentuh layar.Sensor ini sangat bermanfaat agar aktifitas telepon kita tidak terganggu akibat sentuhan.Iphone adalah smartphone pertama yang menggunakan sensor ini.
  3. GPS : sensor yang berguna untuk memetakan atau menentukan posisi pengguna dari hasil kalkulasi trigonometri berdasarkan sinyal-sinyal dari satelit terdekat yang berhasil diterima.
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.Dan untuk yang baca jangan lupa komen dan share ke teman-teman anda. :)

No comments