Cerita sukses Tokopedia membangun internet indonesia

Share:
Tokopedia adalah salah satu perusahaan e-commerse atau perusahaan jual beli online di indonseia.Tokopedia yang telah berdiri kurang lebih 7 tahun ini telah memberikan banyak inspirasi buat Indonesia.
William Tokopedia
CEO Tokopedia "William Tanuwijaya" (sumber:alineaTV.com)
Dan patut di apresiasikan bahwa anak bangsa juga bisa bersaing untuk memberikan inovasi dan membangun startup yang hebat.Tapi tahukah anda bagaimana perjalanan Tokopedia dan siapakah pendirinya?
 
Berikut ini saya akan menceritakan sedikit cerita tentang berdirinya Tokopedia,sedikit cerita CEOnya dan sedikit motivasi,inspirasi,dan inovasi dari Tokopedia.

William lahir di Sumatra Utara 18 November 1981.Ia habiskan hidupnya selama 18 tahun di Sumatra Utara.Lalu pergi merantau ke jakarta untuk kuliah.Akhirnya dia di terima di Universitas Bina Nusantara.Semasa kuliah,William rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai sekolahnya.

Saat semester 2,dia bekerja sebagai penjaga warnet.Ini adalah pertama kalinya ia berkenalan dengan internet yang saat itu internet masih terbilang mahal.Dan bisa jadi pertemuannya dengan internet menghantarkan dia pada ide bisnis yang sekarang ia jalani.

Google menjadi Search engine atau mesin pencari yang paling banyak digunakkan.Tapi,tahukah anda bagaimana sih mesin pencari itu bekerja,kok masalah yang kita cari selalu ketemu,dan dari manakah semua pengetahuan yang google dapat?...klik disini untuk membaca

Saat lulus,William selalu ingin bekerja di perusahaan internet seperti google.Namun perusahaan seperti google belum memiliki kantor di jakarta pada saat itu.Akhirnya ia pun bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan software.

Tak lama kemudian tersirat di pikiran William untuk mengembangkan Tokopedia.Tapi,di saat yang bersamaan William tak punya modal untuk membangun impiannya tersebut.Akhirnya ia pun pergi ke bos tempat ia bekerja dan menceritakan keinginannya untuk membangun Tokopedia.

William bercerita bahwa Indonesia adalah negara kepulauan,sering kali pembeli dan penjual tidak dapat bertemu satu sama lain.Disinilah banyak terjadi celah diantaranya penipuan online.Beberapa penjual juga tidak memiliki modal yang cukup dan akses ke teknologi yang mumpuni.Maka,Tokopedia menjadi jembatan yang aman untuk para penjual dan pembeli.

Berdirinya Tokopedia

Akhirnya bosnya dengan baik hati memperkenalkan dia dengan para pakar bisnis.Ia mencoba meyakinkan para investor dengan ide-idenya tersebut.Kurang lebih 2 tahun berlalu.William mengatakan betapa susahnya membangun kepercayaan.
logo tokopedia
Logo Tokopedia (sumber:blog.tokopedia.com)

Tapi akhirnya lewat dana suntikan,Tokopedia pun berdiri pada tahun 2009.Semua dana suntikan di maksimalkan untuk membangun tim dan memastikan Tokopedia gratis dan dapat dipakai oleh semua orang penjual maupun pembeli.

Model bisnis yang saling menguntungkan

William bilang Tokopedia ini tidak hanya mengubah hidup saya.Tapi Tokopedia ini pun telah banyak mengubah hidup banyak orang.

Dengan adanya Tokopedia mereka turut membangun lapangna pekerjaan di sekitar kita.Meningkatkan transaksi jual beli online di Indonesia.Membantu para penjual yang kurang dalam pendanaan,lalu tumbuhnya jasa pengiriman barang yang harus mengirimkan barang-barang dari kota ke kota lain,dari desa ke desa lain,dan dari pulau ke pulau lain.
kantor tokopedia
Kantoe Tokopedia (sumber:marketing.co.id)
Tokopedia berpotensi membangun jutaan lapangan pekerjaan,dan meningkatkan penjualan dengan skala besar.William bilang inilah bisnis paling indah di dunia,karena kami percaya bahwa kami hanya bisa sukses saat pengguna kami sukses.



No comments