Mengenal Teknologi Multi Core dan Multi Thread pada Processor

Share:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Alhamdulillah segala puji bagi Allah ta'ala yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga admin dapat kembali hadir memberikan artikel-artikel yang InsyaAllah bermanfaat bagi kita semua.

Tulisan kali ini saya akan membahas teknologi Core dan Thread yang ada di dalam sebuah processor. Mudah-mudahan dengan penjelasan saya ini, anda dapat lebih selektif memilih mana processor yang lebih bagus untuk menunjang kebutuhan anda.


Processor
Proesessor juga sering disebut dengan CPU (central processing unit). Disebut central processing unit karena menjadi pusat pemrosesan dari seluruh instruksi komputer atau bisa disebut pusat pemroses seluruh aktifitas yang ada pada komputer.

Multi-Core
adalah inti unit yang membaca dan menerima instruksi.pada dasarnya setiap processor hanya dapat mengeksekusi satu instruksi pada satu waktu, hingga datanglah teknologi dual core dimana sebuah processor dapat memiliki 2 inti pemroses instruksi. Maka dengan cara ini, processor dapat memproses instruksi lebih dari 1 aktifitas, sehingga tidak terjadi antrean panjang yang membuat aktifitas deadlock. Saat ini sudah tersedia processor dengan 4 inti disebut quadcore, processor dengan 8 inti disebut dengan octacore. Bahkan saat ini  core i9 milik intel sudah memiliki 18 inti dalam 1 processor.

processor with 1 core

processor with 2 core

Dari penjelasan gambar di atas, processor dengan core yang lebih dapat memproses instruksi dengan lebih cepat sehingga processor ini lebih efektif untuk menunjang banyak task.

Cara kerja Core
Core atau kita sebut dengan inti adalah premroses di dalam sebuah processor, jika anda mengetahui cara kerja processor anda akan mudah memahami cara kerja core. berikut cara kerja processor :

  • Menggunakan ALU (Arithmatic Logic Unit) untuk melakukan operasi matematis
  • kemudian memindahkan data dari suatu memory ke memory lainnya
  • Membuat keputusan serta menjalankan instruksi lain.
Sederhananya processor menemriam umpan/instruksi/masukan dari input pengguna seperti mengklik tombol lewat mouse atau keyboard, atau mengklik tombol close pada micrososft word lalu instruksi-instruksi itu dikirim, diproses, dan diterjemahkan oleh processor untuk menjadi output yang diinginkan oleh pengguna. seperti mengklik tombol close, maka hasil yang akan didapatkan pengguna adalah keluar dari aplikasi tersebut. Nah, cara kerja ini juga adalah cara kerja core pada processor jika lebih banyak core yang dimiliki sebuah processor maka pemrosesan data akan lebih cepat.


Multi-Thread
thread artinya benang, dapat juga diartikan jalur. thread adalah bagian dari core. Teknologi thread memungkinkan processor dapat memproses instruksi lebih struktur dan terjadwal. Karena multi thread membuka lebih banyak jalur untuk masuk ke core sehingga pemrosesan lebih terurut. Penjelasannya dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Processor with dual core with 2 thread

Processor dual core with 2 with 4 thread


Terlihat bahwa thread sebagai jalur masuknya instruksi-instruksi komputer ke thread, intel menamai teknologi ini dengan hyper-thread. hyper thread pada intel khusus dibuat untuk processor seri core i3, i5, i7 dan i9. Jika kita banyangkan processor i9 adalah processor tercepat milik intel saat ini, maka jika corenya ada 18 maka total thread yang core i9 milliki adalah 36 thread.

Cara kerja Thread
Pada saat processor memproses instruksi komputer. 1 core dalam processor hanya akan memproses 1 instruksi saja dalam 1 waktu, dan instruksi lain menunggu antrian. Instruksi ini akan mengantri panjang dan ikirmkan dalam bemnutk single thread, sedangkan dalam multi thread antrian panjang ini dibagi menjadi 2 sehingga sebuah instruksi tidak harus mengantri dulu instruksi di depannya, tapi dapat langsung diproses oleh excecution unit yang semula menganggur

Pertanyaan seputar Core dan Thread ?

  • Q : kenapa banyak processor multi core yang base speednya di bawah processor 1 core saja ?
  • A : Meski  processor lama memiliki base speed yang lebih tinggi dari proceesor multi core bukan berarti processor multi core lebih lambat dari processor 1 core. Semisal, intel penitum 4 yang keluar tahun 2002 memiliki base speed 2,80 GHz, dan dibandingkan dengan intel pentium P6200 yang memiliki kecapatan hanya 2,13 Ghz tapi memilik 2 inti, maka processor yang lebih cepat adalah intel pentium p6200, kenapa karena base speennya setara dengan 4,2 Ghz yaitu (2,13 GHz x 2) = 4, 26 GHz. Itu dulu, tapi untuk saat ini tidak ada processor multi core yang memiliki base speed di bawah 1 core.
  • Q : Mana yang lebih baik processor intel pentium P6200 dual core dengan base speed 2,13 GHz dengan 2 atau core i3 3217u dual core dengan base speed 1,80 GHz dan 4 thread ?
  • A : Saya memilih i3 3217u, meski kecepatannya di bawah intel pentium p6200 tapi karena i3 3217u memiliki thread atau jalur yang lebih banyak sehingga penjadwalan dan atrian instruksi dapat berjalan lebih cepat. 

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....