Google Docs, Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office

Share:


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Alhamdulillah segala puji bagi Allah ta'ala yang telah memberikan nikmat dan karunianya sehingga admin dapat kembali hadri memberikan artikel yang insyaAllah bermanfaat bagi kita semua.


Kali ini admin ingin membahas aplikasi office, aplikasi office ini dapat anda jadikan aplikasi alternatif pengganti microsoft office, yaitu google office. Google office terdiri dari google docs, google form, google spreadsheet, dan google slides.


Keuntungan menggunakan google office

  • Portabilitas, ini adalah manfaat yang sangat menguntungkan di era serba internet seperti sekarang ini. Kenapa ?, karena kita tidak perlu membawa flashdisk, atau laptop saat berpergian, kita tetap dapat mengakses dokumen-dokumen penting dari perangkat apapun selama kita bisa login ke akun google kita.
  • Gratis, tidak perlu membayar uang sepeserpun, semua fiturnya disediakan secara gratis, kita dapat membuat dokumen, spreadsheet, form, dan slides hingga 15GB.
  • Aman, google menerapkan beberapa autentifikasi untuk bisa masuk ke akun orang lain. Google juga memberi tau anda bahwa ada orang lain yang masuk dengan menggunakan akun anda dari perangkat yang tidak dikenali.


Google Docs

google docs adalah layanan atau aplikasi pengolah kata layaknya microsoft word yang berbasis web gratis dari google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dari dua layanan : writely dan spreadsheets. Google doc tersedia dalam bentuk web, aplikasi seluler untuk android, IOS, windows BlackBerry, dan sebagai aplikasi dekstop di ChromeOS .

Jika anda terbiasa menggunakan Microsoft Word atau aplikasi office yang semisalnya, anda perlu sedikit beradaptasi dengan menu navigasi dan toolbar yang ada pada google docs. Untuk penggunaan standard aplikasi ini sudah mendukung semua fitur yang ada pada Micrososft Word.

Tampilan Google Docs


Google Spreadsheet

Anda ingin coba aplikasi spreadsheet yang gratis, dapat anda gunakan dimanapun, kapanpun, dan dari perangkat apapun ? anda harus coba Google Spreadsheet. Google Spreadsheet adalah aplikasi pengolah data dengan tabel-tabel yang ada di dalamnya. Aplikasi ini sama seperti Microsoft excel. Anda dapat menganalisa data dengan memanfaatkan diagram, menggunakan rumus untuk menghitung data, atau menyimpan berbagai kebutuhan data organisasi.

Tampilan Google SpreadSheet

Google Slides

google slide adalah program presentasi berbasis web gratis dari google, aplikasi ini sama halnya dengan Microsoft word.
Tampilan Google Slides

Google Form

google Form adalah layanan formulir online yang juga bisa disebut google formulir. Aplikasi ini bergunan untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, kuis atau ulangan online, sampai pendaftaran anggota secara online. Penggunaan Google Form akan lebih powerfull jika terintegrasi ke google docs dan google spreadsheet. Biasanya hasil tanggapan responden dapat kita lihat ke dalam google spreadsheet, sehingga ini sangat memudahkan kita dalam mengatur data responden, admin tidak perlu repot memindahkan data satu persatu ke dalam spreadsheet. terdapat juga summary report untuk mengetahui statistik jawaban responden.

Tampilan Google Forms


Semua aplikasi di atas dapat anda nikmati secara gratis di dalam layanan google drive, google juga telah memberikan ruang penyimpanan sebesar 15GB untuk menyimpan semua file penting mulai dari dokumen, spreadsheet, slide dan form. Selain itu aplikasi-aplikasi diatas kompatibel dengan format Microsoft office, anda dapat mendownload google docs dan mengeditnya di Microsoft Word,, begitu juga spreadsheet dan Slide.

Menurut saya aplikasi-aplikasi office dari google sangat membantu kebutuhan saya dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor. Kita tidak perlu kaku untuk membawa laptop kemana-mana, atau tidak perlu takut lupa membawa laptop untuk membuka pekerjaan kantor, karena google telah memberikan solusi paktis untuk pengeditan cepat.

Untuk saat ini masih banyak orang mengandalkan Microsot Office sebagai aplikasi perkantoran, karena biasa dipakai jadi mudah digunakan. Sedangkan Google Office adalah mainan baru dan perlu adaptasi. Admin sendiri masih sering menggunakan Microsoft Office karena masih belum terbiasa dengan menu dan tools yang ada di Google Office. Ok, cukup sekian artikel dari admin mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.


Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....