kulit manusia nantinya bisa dicetak

Share:
Teknologi khususnya di bidang percetakan kini makin berkembang pesat.Dahulu percetakan atau printer hanya bisa mencetak tulisan dalam kertas.Tapi,dengan seiring berjalannya zaman,Teknologi percetakan akhirnya mampu menghasilkan benda-benda 3D.

kulit manusia nantinya bisa dicetak
kulit bioprinting


Tidak hanya sebatas 3D.Diperkirakan nantinya printer atau percetakan mampu mencetak organ makhluk hidup,yang salah satunya adalah kulit.Saat ini para peneliti dan pengembang tengah mencoba mengemabangkan teknologi ini dengan menggunakan sel hidup dalam sebuah proses yang dinamakan bioprinting.

Baca Juga



Diperkirakan juga,para industri kosmetik dan kecantikan akan berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi semacam ini.Raksasa kosmetik seperti L'oreal dan biotech organovo dikabarkan sedang bekerja sama untuk menciptakan jaringan kulit yang dapat dicetak oleh printer 3D.

Di lab mereka berusaha menumbuhkan kulit,memberi pigmen,dan membuat kulit tersebut dapat menua.Sayangnya proses pertumbuhan sel menjadi kulit sangat lambat.Maka,diharapkan nantinya bioprinting dapat menjadi solusi dalam mempercepat pertumbuhan sel kulit ini.

Metode yang digunakkan nantinya dalam membuat kulit 3D adalah dengan penyemprotan yang ada dalam printer 3D.Penyemprotan ini akan bergerak sepanjang lapisan jaringan yang diinginkan dan perlahan-lahan menyemprotkan cairan sel.Lapisan demi lapisan ditambahkan untuk menciptakan ketebalan kulit yang diinginkan.

Para pengamat juga menyatakan bahwa bila bioprinting ini benar-benar terealisasikan,maka nantinya akan mendatangkan pendapatan baru bagi perusahaan.(sumber:infokomputer Juli 2015)

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....