Sejarah SEO dan dimulainya era google 'pagerank'

Share:

Pengertian singkat tentang ilmu SEO,dan sekilas keuntungannya

Sebelum kita masuk ke sejarah SEO,sedikit saya akan menerangkan apa itu SEO?.SEO adalah kepanjangan dari search engine optimization yang artinya mengoptimalkan kerja mesin pencari terhadap web kita.

seo
(sumber:thenextweb.com)
Apa maksudnya?maksudnya SEO adalah trik atau cara yang dilakukan oleh seorang admin website,blogger,atau webmaster yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan volume dan kualitas trafik kunjungan di mesin pencari dalam sebuah website atau blog.Sederhannya SEO adalah cara untuk meningkatkan kualitas web untuk ditampilkan di mesin pencari.

4G lte ternyata terinspirasi dari sebuah kartun dragonball.Saat goku menggunakan genkidama yaitu kekuatan alam yang dikumpulkan menjadi bola api.Hal tersebut diterapkan pada 4G karena 4G mengumpulkan dan menarik energi dari energi luar disekitarnya...Baca selengkapnya

SEO adalah ilmu dan sebuah seni,bagi webmaster atau internet marketer SEO adalah ilmu yang wajib dipelajari,karena dengan menerapkan ilmu SEO sebuah website atau produk yang diiklankan secara online akan meningkatkan trafik kunjungan dan tentu saja peluang orang akan mengetahui dan membeli suatu prdouk semakin besar.

Sejarah singkat ilmu SEO

Oke langsung saja kita masuk ke sejarah dari ilmu SEO.Sejarah SEO sama tuanya dengan sejarah mesin pencari dan keduanya saling berkaitan.Pada awalnya mesin pencari mengurutkan webiste berdasarkan pada konten dan meta tag dari sebuah website.Meta tag sebuah website menyediakan sekilas informasi mengenai isi dari halaman website.

Itu terjadi saat tahun 1996 dimana Altavista masih menjadi raja mesin pencari saat itu.Dikala itu untuk eksis di mesin pencari sangatlah sederhana.Hanya mengisi meta tag yang padat maka pekerjaan tentang SEO selesai.

Dengan pengurutan data yang sesederhana itu maka webmaster atau blogger dapat dengan mudah membuat halaman website berada di posisi pertama pada halaman pencarian.

Sistem pengurutan ini dapat dengan mudah dimanipulasi oleh webmaster,Contohnya membuat meta tag yang populer tapi tidak sesuai dengna konten atau isi dari halaman website.Hal ini menguntungkan bagi webmaster dan blogger tapi sangat merugikan bagi pengguna mesin pencari.

Meta tag yang tidak sesuai akan menghasilkan pencarian yang tidak relevan.Akibat sederhannya mekanisme pengurutan,algoritma menjadi mudah ditebak dan dimanipulasi.Dan akhirnya mesin pencarian dipenuhi dengan spam dan makin membuat frustasi pengguna mesin pencari.

Munculnya mesin pencari bernama 'GOOGLE'

Pada tahun 1997 Larry Page dan Sergey Brin,duo pendiri Google membuat sebuah algoritma untuk mengurutkan hasil pencarian data.Saat itu dinamakan dengan Backrub.Backrub ini sempat ditawarkan kepada mesin pencari terkenal saat itu,seperti Altavista dan Yahoo namun semuanya menolak.

google pagerank
makin banyak link menuju suatu website maka makin besar peluang
muncul di halaman pertam pencarian
(sumber:en.wikipedia.org)
Akhirnya keduanya memutuskan untuk membuat mesin pencari sendiri yang dinamakan dengan google pada tahun 1998.

Backrub sebagai algoritma google berubah nama menjadi pagerank.Pagerank bekerja dengan memperhitungkan tingkat kepentingan sebuah halaman berdasarkan banyak link yang merujuk kepada situs terssebut.

Angka pagerank diskalakan dari 0 samapi 10,yang makin tinggi maka makin tinggi peringkatnya di mata mesin pencari.

Google menyajikan pencarian data dan pengurutan data lebih baik daru pendahulunya,akhirnya google sukses hingga sekarang.Sistem pagerank akhirnya dipakai di mesin pencari lain dan memaksa SEO utnuk berkembang,hingga dikenal dengan inbound dan outbondlink.

Pagerank bukan satu-satunya mekanisme pencarian untuk mengurutkan halaman website.Ada banyak algoritma dan parameter pencarian yang digunakan untuk menyajikan hasil pencarian kepada pengguna.Hingga saat ini SEO terus berjalan sejalan dengan perkembangan mesin pencari.

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....