Cara Membuat QR Code di Laravel

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membut qrcode pada laravel. Penasaran?, ayo ikuti pembahasannya berikut ini!.


Quick response code atau biasa disingkat dengan qrcode adalah kode 2 dimensi yang jika discan dapat berisi kode unik atau berbagai informasi di dalamnya. Qrcode dan barcode memiliki kerja serupa, tapi tetap memiliki beberapa perbedaan. Yaitu pada bentuknya, dan kapasitas penyimpanan data di dalamnya.

Qrcode dapat menyimpan data lebih banyak dari barcode, yaitu 2089 digit atau 4289 karakter. Dengan daya tampung yang lebih banyak dari barcode, qrcode dapat berisi informasi yang lebih banyak, seperti postingan, alamat website atau url, kontak telpon, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali contoh yang bisa kita aplikasikan dengan qrcode. Diantaranya validasi pembayaran seperti gopay, qrcode alamat seperti yang ada di undangan, hingga bisa digunakan untuk autentikasi login. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat qrcode sederhana dimana jika qrcode tersebut discan maka akan berisi url. 

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Notifikasi Realtime dengan php dan Jquery read more
📰 2. Cara Membuat Hide/Show Input Password dengan Javascript dan Bootstrap read more
📰 3. Cara Mencegah Multiple Submit dan Cara Menggunakan Spinner Bootstrap sebagai Indicator Loading pada Php read more


Cara Membuat QR Code pada Laravel

1. Pertama, silahkan siapkan project laravel terlebih dahulu. Project laravel-nya bisa menggunakan yang sudah ada atau menggunakan fresh laravel instalation. Sedangkan pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan fresh laravel versi 7.

2. Selanjutnya buka cmd atau terminal, lalu masuk ke dalam direktori atau folder project kalian. Lalu jalankan perintah di bawah ini untuk melakukan instalasi library qrcode.


composer require simplesoftwareio/simple-qrcode

cara membuat qrcode pada laravel
Download library qrcode




3. Selanjutnya buka project kalain, lalu buka salah satu file blade di dalam folder views/resources. Karena saya menggunakan fresh laravel instalation maka saya akan meletakkan qrcodenya di dalam file welcome.blade.php.

Silahkan copy script di bawah ini, dan pastekan di bagian yang kalian inginkan di dalam file blade.


{!! QrCode::size(100)->generate('sahretech.com'); !!}


Langkah terkahir, silahkan jalankan perintah php artisan serve, lalu buka project kalian pada browser. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat qr code laravel
Hasil akhir qrcode




Qrcode tersebut berisi alamat website sahretech.com. Silahkan kalian kreasikan sendiri dengan isi data lainnya atau mengkombinasikannya dengan data mysql.

Sekian tutorial cara membuat qrcode pada laravel. Semoga artikel kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah post ini. Sampai jumpa di tutoral menarik lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik