Perjalanan Panjang Microsoft Office Menjadi Aplikasi Office Terpopuler

Share:

Di hampir setiap kantor, Microsoft office selalu menjadi andalan untuk menyelesaikan segala kebutuhan. Mulai dari murid sekolahan, mahasiswa, hingga pegawai kantoran, semuanya menggunakan Micrososft Office untuk menunjang semua tugas mereka. Ada banyak aplikasi office di dunia ini, tapi tahukah anda ? bahwa Microsoft Officelah yang paling dikenal oleh hampir semua orang.

Microsoft Office telah hadir selama 26 tahun dan saat ini hampir di setiap PC Microsoft Office selalu ada dan menjadi aplikasi yang wajib untuk diinstal. Tapi tahukah anda bagaimana perjalanan panjang kesuksesan Micrososft Office menjadi aplikasi office paling populer di dunia ?. Berikut saya hadirkan sedikit ulasannya selama dua dekade lebih.


Awal kehadiran Office (1989-1994)

Aplikasi word, excel, powerpoint, sudah hadir secara terpisah sejak tahun 80-an, pada tanggal 19 November 1990 Microsoft menggabungkan 3 aplikasi tersebut ke dalam 1 paket aplikasi, yang disebut Microsot Office.

Lalu pada tahun 1994, versi ketiga office hadir dan menjadi penanda munculnya word 6.0 salah satu perubahan besar pada aplikasi ini adalah, adanya autocorrect dan equation editor. Pada bulan juni-juli 1994 Microsoft meluncurkan update untuk menangani masalah tersebut dan sekaligus menghadirkan office versi profesional serta aplikasi Access untuk pendataan (database)



Office 95, Office 97, dan Office 2000 (1995-2000)

Office 95 diluncurkan bersamaan Windows 95. Pada versi ini office telah memiliki 6 aplikasi yang terdiri dari Word, Excel, Power Point, Acess, Schedule, dan Binder. Selanjutnya Office 97 menambahkan satu aplikasi baru yaitu Outlook. Micrososft juga menghadirkan animasi office assistent yang ditampilkan dalam bentuk karakter clippy the paperclip.


Office 2000, Office XP, dan Office 2003 (2001-2003)

Bersamaan dengan Windows XP, Microsoft juga menghadirkan office XP, salah satu fitur baru yang disediakan di office XP adalah speech dan handwriting recognition yang memungkinkan pengenalan saura serta tulisan tangan. Task panel juga hadir disini dan terletak pada sisi kanan lauar dimana elemen lainnya juga hadir seperti clipart. Disini juga Microsoft memutuskan untuk menghentikan karakter clippy.

Microsoft memberikan nuansa biru pada office 2003, yang disesuaikan dengan tema warna di windows XP. dua aplikasi baru juga diperkenalkan seperti infopath untuk menangani masalah desain, distirbusi, serta mengirim formulir elektronik. Dan Onenote untuk membuat catatan



Office 2007 dan Office 2010 (2007-2010)

Hadir bersamaan dengan windows vista, office 2007 menghadirkan sebuah tombol besar untuk menggantikan menu file. Pita di bagian atas juga memiliki tampilan baru menggantikan dropdown menu untuk menampilkan tampilan yang lebih luas dari fungsi yang ada. Pada versi ini Times New Roman yang sebelumnya menjadi font default digantikan dengn font calibri. office juga mengadopsi format file baru bernama office open xml. yang memiliki ekstensi .docx, dan .ppt untuk powerpoint

Di office 2010, tampilannya kembali berubah. nuansa warna biru XP dihilangkan. Tombol office digantikan dengan tombol menu sederhana yang mengarahkan pada menu file berukuran besar. Pemilihan wordart digantikan dengan teks-teks sederhana, pada tahun ini juga Microsoft mengeluarkan office web apps, yang merupakan versi online dari word, excel, powerpoint, dan onenote dan digunakan secara gratis dari browser.



Office 365 (2011-2012)

Pada Juli 2011, Microsoft menghadirkan office 365 yang menggabungkan paket Microssoft Office dan layanan online menjadi sebuah layanan berbasis cloud yangn selalu up-to-date. Layanan baru ini menghadirkan office. Exchange online, dan Lync online secara bersaman di cloud.


Office (2013-2014)

Sedangkan office 2013 memiliki tampilan yang lebih flat, seperti sistem operasi windows 8. Office ini juga menyediakan cloud base untuk dapat disingkronkan di antar perangkat dan menyimpannya secara langsund di cloud. Microsoft mulai menyertakan dukungan layar sentuh yang awalnya ditunjukan bagi pengguna surface. Office 2013 ini dapat dinikmati melalui layanan office 365


Office 2016 (2015 -sekarang)

Pada September 2015, Microsoft meluncurkan versi terbaru yang diberi nama office 2916, mirip dengan office 2013. versi initersedia melalui office 365. Dibuat untuk teamwork, office 2016 akan membuat bisnis lebih aman dan memungkinkan pengguna beserta tim lebih produktif dan dapat diakses melalui berbagai perangkat, lokasi dan orang-orang. Tampilannya juga kemabli diperbarui dan mirip dengan windwos 10. Salah satu fitur terbarunya adalah tellme yaitu fitur pencarian cepat dan mudah yang dihadirkan microsoft untuk melakukan pencarian informasi.



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi