Cara Mudah mengoptimalkan dan Meperkecil Ukuran Gambar pada Wordpress dengan Plugin

Share:

Pernahkah anda merasa load website anda terasa lama padahal anda memilki kecepatan interenet yang lumayan ?. Jika iya ada banyak faktor, salah satunya adalah gambar website yang tidak optimal. Ukuran gambar yang tidak ideal bisa membuat load website terasa lambat, Jika hal ini dibiarkan maka akan sangat merugikan bisnis anda, bayangkan ada berapa banyak pengguna yang meninggalkan webiste anda karena load websit yang telalu lama.

Ok, gambar yang tidak ideal adalah salah satu faktor kenapa website anda terasa lama. Ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja website dan kecepatan load website. Untuk mengetahuinya anda dapat melakukan analisa melalui website GTmetrix.

Cara Memperkecil Ukuran gambar pada Wordpress

Jika anda sudah tahu bahwa gambar adalah penyebab website anda menjadi lambat, maka ikuti tips di bawah ini. Saya sudah membahas cara mengoptimalkan/memperkecil ukuran gambar di blogger pada artikel sebelumnya klik tautan ini jika anda adalah pengguna blogger.

Di artikel kali ini saya akan membahas cara memperkecil ukuran gambar dengan plug-in yang disediakan oleh wordpress. Caranya cukup mudah, Setelah anda menerapkan plugin ini insyaAllah website anda akan terasa lebih cepat dan GTmetrix score anda akan meningkat. Ok langsung saja.
  • Login ke akun wordpress anda
  • klik menu plug-in >> klik tambah baru
  • cari smush di pencarian
  • klik tombol pasang sekarang pada plug-in smush. lalu aktifkan.Lihat gambar di bawah ini. 

  • Setelah diaktifkan otomatis muncul menu smush di sidebar, klik menu smush
  • lalu klik BULK SMUSH NOW, kemudian tunggu beberapa saat.

  • Anda dapat melakukan smush untuk mengoptimalkan 50 gambar, setelah sampai 50 gambar smush akan berhenti, klik resume untuk melanjutkan ke gambar 51 sampai 100 dan begitu seterusnya. Anda juga dapat meningkatkan ke versi pro untuk smush gambar tak terbatas

  • yey, anda sudah berhasil mengoptimalkan ukuran gambar di wordpress anda, anda dapat menekan tombol re-check images unntuk mengetahui apakah masih ada gambar yang belum dioptimalkan. 
Terlihat bahwa total savingsnya adalah 1.5 MB. Ukurannya tidak terlalu besar tapi ternyata berdampak buruk bagi kinerja webiste kita. Ok sekian tutorial kali ini mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....