Tools-Tools Untuk Analisa Perkembangan website Kompetitor

Share:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Alhamdulillah segala puji bagi Allah ta'ala yang telah melimpahkan nikmat dan karunianya sehingga admin dapat kembali hadir memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua

Pernahkah kalian penasaran dengan teknologi yang digunakan oleh sebuah website ?, atau pernahkan anda ingin tahu berapa lama suatu website sudah berdiri ? atau jasa hosting, pemilik website, rangking website, atau performa suatu website ?. Jika anda mencari itu semua ini adalah artikel yang tepat.

Di masa-masa seperti saat ini, web programmmer, web developer, dan web master sudah sangat dimudahkan sekali lewat tools yang ada di internet, dan semuanya itu disediakan secara gratis. Bagi saya sendiri tools-tools ini sangat membantu saya dalam menganalisa teknologi yang digunakan oleh para kompetitor, menganalisa dan mengembangkan pasar, atau untuk menjaga keamanan website saya sendiri.

Wappanalyzer

Tools ini berfungsi untuk menganalisa teknologi apa saja yang digunakna oleh suatu website. Mulai dari bahasa perogram yang diguanakan, server, perangkat analisa, jaringan periklanan, web framework, CMS, javascript librarynya dan masih banyak lagi yang dapat diidentifikasi oleh Wappanalyzer



Saya mencoba menganalisa teknologi apa saja yang ada di dalam blog saya. Ternyata platform blogger menggunakan bahasa pemrograman Java dan Python. Menggunakan jaringan periklanan Google Adsense, Tools analisis yang digunakan adalah google analytics, web server yang digunakan adalah OpenGSE, menggunakan Jquery dan Lazy.js untuk libaray java scriptnya, widget facebook dan google+ dan tidak menggunakan web framework. Wappanalyzer tersedia sebagai ekstensi tambahan untuk bowser, anda dapat melihat tutorial menambahkan ekstensi wappanalyzer untuk google chrome disini http://www.sahretech.com/2018/11/cara-mengetahui-teknologi-apa-yang.html



Selain dapat melihat teknologi apa saja yang digunakan oleh sebuah website Wappanalyzer juga memberikan laporan data leader market (penguasa pasar) untuk setiap kategori tertentu. Untuk kategori web framework,saat ini bootstrap menjadi yang paling populer dengan persentasi 53,2%, lalu ada Microsoft ASP.Net dengan persentasi 26,3%, lalu ada ruby on rail, laravel, google web toolkit, Express, Codeigniter dan seterusnya anda dapat mengeceknya dari tautan berikut ini https://www.wappalyzer.com/categories/web-frameworks

GTMetrix

Tools yang berfungsi untuk mengecek detail laporan performa hasil suatu website. Tools ini disediakan secara gratis, untuk menganalisa scrore Pagespeed dan YSlow score halaman, total page size dan waktu yang dibutuhkan untuk meload halaman. Kemudian di bawahnya terdapat pagespeed, YSlow, Waterfall, Timings, Video, history lengkap dengan penjelasan reccomendation, nilai, tipe dan priority.


Dari gambar di atas dijelaskan bahwa nilai page scrorenya baik atau setara dengan B, lalu YSlow scorenya E, lalu waktu yang dibutuhkan untuk meload halamanya 3,6s, dan 1.15MB adalah total ukuran halaman.  Semua nilai tersebut didapatkan dari kalkulasi laporan di bawahnya.

Dengan mengetahui performa suatu website khususnya website kita, kita dapat memperbaiki apa yang kurang sehingga membuat load website kita terasa lama, lama load website juga akan menentukan tingkat kepuasan seorang pengunjung, jika sebuah webiste diload terlalu lama maka akan mengurangi minat para pengunjung. Dan ini akan sangat merugikan bisnis kita.


Alexa Pagerank

Tools ini menyediakan informasi tentang ranking suatu website berdasarkan jumlah trafik yang masuk ke website tersebut. Alexa pagerank juga menyediakan data situs-situs top mulai dari peringkat 1, seperti data di bawah ini. gambar di bawah ini adalah rangking website berdasarkan negara Indonesia, ternyata website peringkat 1 tribun, lalu ada google, youtube, google.co.id, bukalapak, dan detik.com. ranking ini dapat berubah setiap saat tergantung peningkatan setiap website masing-masing.

alexa page rank, based on country




Whois


Tools ini berfungsi untuk mengecek informasi dari sebuah domain, mulai dari apa nama domainnya kapan domain tersebut diregistrasi, kapan expired, kapan terakhir kali diupdate, status domain, nama server domain dan masih banyak lagi.



Itulah beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui informasi tentang website kompetitormu, Mudah-mudahan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....