Mengenal Depedensi dalam basisdata dan Contoh-Contohnya

Share:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan nikmat dan rezekinya sehingga admin dapat kembali memberikan artikel-artikel terbaik yang ada di dunia ini.

Depedensi

Depedensi merupakan konsep dasar di dalam normalisasi yang menjelaksan hubungan antar atribut, atau lebih khususnya menjelaskan nilai suatu atribut yang menentukan nilai dari atribut lain. Lebih simpelnya kita akan artikan depedensi itu adalah ketergantungan. Berikut beberapa macam depedensi yang ada di dalam basisdata :

Depedensi Fungsional

Suatu atribut Y mempunyai depedensi(ketergantungan) terhadap atribut X jika setiap atribut X menentukan atribut Y. Contoh yang paling sederhana adalah nama dengan id_nama, bisa kita lihat contohnya pada tabel 1.1 di bawah ini. Kenapa nama bisa tergantung terhadap id ? karena jika terdapat nama yang sama maka id lah yang dapat membedakannya.

tabel 1.1
Saya jelaskan kembali, bahwa saat anda melihat 2 nama yang sama dalam sebuah tabel, maka lihatlah id_nama atau kunci primer dalam sebuah tabel tersebut, karena kunci primerlah yang menentukan sebuah atribut nama. Seperti contoh kasus di atas terdapat 2 nama eko, maka yang menentukannya hanya id_namanya.

Depedensi Fungsional Sepenuhnya

Suatu atribut Y memilliki depedensi penuh terhadap atribut X dan tidak memiliki depedensi(ketergantungan) hanya dengan salah satu dari atribut X saja. Contoh tabelnya seperti tabel 1.2 di bawah ini. terlihat di dalam tabel 1.2 bahwa nilai sebagai atribut Y dan NPM+Kd_MK adalah atribut X. Y memiliki ketergantungan terhadap keduanya dan tidak pada salah satunya.

tabel 1.2

Saya jelaskan kembali tentang contoh tabel di atas. bahwa Yang menentukan Nilai pasti dari Id_nama dan Kd_MK,

  • Nilai 100 tidak mungkin didapatkan hanya dengan Kd_MK saja karena harus ada Id_nama sebagai orang yang mendapatkan nilai tersebut, atau jika hanya ditentukan dari Kd_MK saja lantas nilai 100 itu dimiliki oleh siapa ? apakah id_nama dengan nomor 01 atau 02 atau id_nama dengan nomor lainnya.
  • Nilai 100 tidak mungkin didapatkan hanya dengan Id_nama saja, kenapa ? karena nilai 100 itu dia dapatkan dari jenis pelajaran/mata kuliah apa ?
Sehingga dapat kita simpulkan bahwa atribut nilai memliki ketergantungan dengan id_nama dan Kd_MK. Karena, semisal nilai 100 hanya dapat bibuat/ditentukan oleh siapa orangnya ? melalui id_nama pada tabel 1.2 dan apa MK/pelajarannya ? melalui Kd_MK pada tabel 1.2

Depedensi Fungsional Total

Atribut Y memiliki depedensi fungsional total jika, Y memiliki depedensi terhadap X dan X memiliki depedensi terhadap Y. artinya Y<->X nilai Y ditentukan oleh X dan nilai X ditentukan oleh nilai Y. Contohnya seperti tabel di bawah ini
tabel 1.3
tabel diatas dikatakan sebagai contoh depedensi total asalkan pada atribut-atribut nama tidak terdapat nama yang sama. Seperti contoh depedensi fungsional dalam tabel 1.1 bahwa ada 2 nama eko dan untuk memebedakannya adalah nomor idnya dan tidak sebaliknya. Sedangkan dalam contoh depedensi fungsional total atribut nama dapat menentukan id_nama karena dalam atribut nama tidak terdapat nama yang sama atau untuk semua nama bersifat unik.

Depedensi Fungsional transitif

Atribut Z memilliki ketergantungan terhadap X bila, Y memiliki ketergantungan terhadap X dan Z memilliki ketergantungan terhadap Z. Contohnya pada tabel 1.4 di bawah ini

tabel 1.4
Penjelasannya : NIP menentukan Kd_cabang, dan cabang menentukan alamat sehingga kasus ini disebut depedensi fungsional transitif. Z->Y->Y

Itulah penjelasan singkat tentang depedensi dan macam-macamnya. Pemahaman tentang depedensi ini sangat penting untuk memahami cara-cara normalisasi yang ada nantinya. Selain depedensi, yang juga harus kita ketahui adalah  anomali. Anomali adalah efek samping/ masalah yang terjadi pada basisdata sehingga menyulitkan pemodifikasian data. Data yang sulit dimodifikasi ditakutkan akan berimbas pada hilangnya data dan terjadinya data yang ambigu. OK sekian artikel dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.Dan janga lupa untuk  menuliskan tanggapan, masukan, dan komentar kalian di kolom komentar di bawah ini.


Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....