Tips Aman Menggunakan Wifi Gratis

Share:



Agar Aman Mnggunkan Wifi Gratisan - Internet memang sudah menjadi kebutuhan sehari hari yang tidak bisa terpisahkan, apalagi sekarang banyak tempat - tempat umum yang menyediakan Wifi gratis. Terutama bagi anak kuliahan yang merantau yang tipis kuota, mereka bakal mencari tempat - tempat yang menyediakan Wifi.

Namun harus hati-hati dengan Wifi gratisan, Wifi atau hostpot di tempat umum biasanya digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan dunia maya atau bahasa kerennya cyber crime. Lewat Wifi tersebut mereka bisa menyebarkan virus atau malware yang dapat mencuru data pribadi.

Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar lebih amas saat menggunakan Wifi graisan di tempat umum.

Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Wifi Gratis


1. Cek Nama Wifi
Sebelum menggunakan Wifi gratisan cek nama Wifi dan pastikan kamu tidak terhubung dengan jaringan yang tidak aman. Hacker seringkali menggunakan nama mirip dengan Wifi yang disediakan di tempat umum.

2. Gunakan VPN

Ilustration VPN
Gunakan Virtual Private Network (VPN) agar lalulintas intenet menjadi lebih aman dan data-data yang ada di perangkat kamu juga aman, meskipun malware sudah menembus frewall atau antivirus.

3. Non Aktifkan Mode Sharing (berbagi)
Sebaiknya jika menggunakan Wifi gratisan matikan moode sharing yang dapat berbagi file, musik, foto, DLL. Karena dengan menggunakan jaringan wifi atau remote log in lewat komputer dapat mengambil semua file yang ada di pereangka kamu.

4. Cegah Sambungn Wifi Secara Gratis
Hindari sambungan Wifi secara otomatis. Apabila terhubung secara otomatis ke jaringan yang berbahaya atau memang sengaja di buat untuk mengambil informasi dari perangkat yang sudah terhubung.

5. Gunakan HTTPS


Jika menggunkan Wifi gratis sebaiknya menggunakan HTTPS untuk mengekripsi data yang terhubung atara dan server web yang kamu kunjungi.

6. Jangan menggatnti password saat kamu terhubung dengan Wifi publik dan juga jangan membuka email, layanan perbankan, atau akun kedit.

Nah, itu tadi berapa tips agar aman saat menggunakan Wifi gratis, akan tetapi Wifi yang berbayar atau di password belom tentu aman juga. Jadi tetep waspada walapun Wifi berbayar juga.

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....