Cara mudah bikin game quiz dengan Microsoft power point

Share:

Microsoft power point adalah salah satu dari paket office yang ditawarkan oleh Microsoft untuk membuat berbagai slide presentasi.Tak hanya itu ternyata Microsoft power point ini juga dapat kita manfaatkan untuk membuat game quiz seperti game parampa yang gak kalah menarik.

Kita akan menggunakan fungsi hyperlink untuk berpindah ke slide lainnya.Kita akan membuat 2 fungsi hyperlink,fungsi hyperlink untuk berpindah  ke slide berikutnya dan fungsi hyperlink untuk berpindah ke slide game over.Ok kalau begitu kita langsung mulai saja tutorialnya.








Tutorial Membuat Game quiz dengan Microsoft Power Point

  • Seperti biasa,bukalah aplikasi power point anda terlebih dahulu.Lalu buatlah 5 slide yang berbeda.5 slide ini teridiri dari 1 slide start game,2 slide soal dan jawaban,1 slide winner,dan 1slide game over.
  • Buatlah Slide start,slide soal,slide winner dan slide game over,untuk yang masih bingung bisa mencontoh persis seperti gambar di bawah ini.Kemudian gunakan text box untuk membuat tulisan.Untuk gambar tampilannya bisa anda sesuaikan dengan gambar atau dapat anda kreasikan sendiri sesuai keinginan anda
Slide 1.Slide Start game
Slide 2.Slide soal pertama
Slide 3.Soal kedua
Slide 4.Slide Game over
Slide 5.Slide Winner

  • Klik kanan pada tulisan "KLIK UNTUK MEMULAI" pada (slide 1),lalu klik hyperlink pada kotak dialog yang muncul.
    • setelah anda mengklik hyperlink,sebuah panel insert hyperlink akan muncul.
    • klik Place in The Document >> lalu pilih slide 2 >> ok


  • Setelah selesai,anda dapat menguji cobanya lewat tampilan slide yang ada di bawah layar bersebelahan dengan zoom level
  • Lakukan cara yang sama pada slide pertama,tapi kali ini kita akan membuat 4 hyperlink pada setiap jawaban. 1 hyperlink pada jawaban soal yang benar akan menuju ke slide berikutnya dan 3 hyperlink pada jawaban soal yang salah akan menuju slide game over
  • Klik kanan pada kotak textbox Bill Gates >> klik hyperlink >> Place in The Document >> Slide 3 >> OK
  • Berilah hyperlink pada 3 jawaban yang salah,caranya sama seperti membuat hyperlink pada contoh sebelumnya.Dan pastikan ke-3 jawaban yang salah ini menuju ke slide 4,yaitu slide game over.
Memasukkan hyperlink menuju ke slide 3

  • Untuk slide ke-3.1 jawaban benar akan kita bawa ke slide akhir yaitu slide winner,dan 3 jawaban yang salah akan kita bawa ke slide 4 yaitu slide game over.Caranya sama seperti di atas
membuat hyperlink pada jawaban yang salah
  • Untuk slide ke-4 kita hanya letakkan 1 hyperlink, yaitu "Click Play again".hyperlink ini nantinya akan merujuk ke slide ke-2 yaitu slide soal pertama.Carannya sama seperti 3 slide sebelumnya.
  • Untuk Slide terakhir tidak kita beri hyperlink untuk menandakan bahwa game telah berakhir dan anda telah tuntas menamatkan semua soal yang ada.
Cukup mudah bukan membuat game quiz sederhana dari aplikai power point??.
Game di atas hanyalah contoh yang saya berikan,Anda dapat berkreasi sesuka anda dengan memanfaatkan fungsi hyperlink yang ada.Anda juga dapat meletakkan hyperlink di object apapun yang ada,jadi tidak terbatas hanya text box.

Selain itu juga anda dapat menambahkan suara saat jawaban diklik atau saat anda game over.Atau memadukan keduanya dengan manambahkan effect animasi yang disediakan oleh power point.





2 comments:

  1. Amazing pageeeeeee!!!!!!!!!!!! Uhhh, ahhh ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. do you laugh,when you read microsoft founder is Dj Soda ?

      Delete

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi