Sejarah Perkembangan Dan Evolusi Android

Share:

Android 6.0 Marshmallow (google)

Asslamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

Ya, pada arikel kali ini saya akan membahas sejarang perkembangan robot hijau atau yang kenal dengan nama Android. saya akan memabahas dari awal muncul Android hingga sekarang.

Mendengar istilah smartphone tidak lepas dari dua sistem, yaitu iOS buatan Apple dan Android buatan Google.

Android merupakan sistem operasi yanb berbasis  Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti, smartphone serta komputer tablet.

Android pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc. Dengan dukungan finansial yang berasal dari Google, yang kemudan Google membelinya pada tahun 2005. Sisitem Android tersebut dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya perusahaan open Handset Alliance, konsorium dari beberapa perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, serta telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat ponsel.

ponsel pertama kali yang menggunakan Android adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 Oktober 2008 dan pada awal tahun 2009, dan dari sinililah mulai banyak ponsel yang menggunakan operasi sistem Android. Dan diperkirakan ada sekitar 18 ponsel yang menggunakan operasi sistem Android.

Tujuan awal dari perkembangan  Android diperuntukan untuk kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital  tidaklah  besaar   potensinya, kemudian Android dialihkan ke smartphone untuk menyaingi Symbian  serta  Windows Mobile ( iPhone Apple pada saat itu belum rilis ). Meskipun para pengembang Android adalah pakar-pakar yang berpengalaman, Android Inc. dijalnkan secara diam-diam dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang tersebut bahwa para pengembang tersebut sedang berusaha menciptakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperuntukkan untuk telepon seluler.


Berikut Perkembangan Android  : 

1. Android Beta 

Pertama kali dirilis pada 05 November 2007, kemudian pada 12 November 2007. Software Development Kit (SDK).

2. Android Astro (1.0)

Gambar. HTC Dream


Pertama dirilis pada 23 September 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan "Astro" akan tetapi karena alasan hak cipta dan trademark nama "Astro" tidak jadi disematkan pada versi pertama OS Android ini. HTC Dream yang pertama kali menggunakan OS Android ini.

3. Android Bender (1.1) 

Pertama kali rilis pada 9 Februari 2009. Versi Android kedua ini juga ada masalah pada nama yang sama dengan versi pertama. Pada awalnya  Android ini dinamakan "Bende" akan tetapi karena alasan trademark, nama "Bender" tidak jadi disematkan pada versi Android ini.

Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki bebrapa Bugs, Mengganti API dan menambahkan beberapa fitur. 

4. Android CupCake (1.5)

Pertama kali rilis pada 30 April 2009. Nah, mulai dari versi ini Nama OS Android diberi nama dengan nama makanan pencuci mulut. Dan ini menjadi nama resmi OS Android versi ketiga tanpa ada masalah dalam penamaan. OS ini berbasikan kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari Android sebelumnya.

Mulai terdapat Widget yang dapat dibesar kecilkan, dan ditambah kemampuan untuk mengupload vidio dan gambar ke You Tube dan Picasa.

5. Android Donut (1.6)

Pertama kali dirilis pada 19 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencari UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1X, VPNs. Kemudian support dengan layar resolusi WVGA.

6. Andoid Eclair (2.1/2.1)

Pertama kali rilis pada 09 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan Hardware, Peningkatan Goole  Maps 3.1.2 perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera3.2 MP, digital zoom, dan bluetooth 2.1.  Beberap versi updetannya antar Android v2.0, v2.0.2 dan terakhir 2.1.

7. Android Froyo / froze Youghurt (2.2) 

Pertama kali dirilis pada 20 Mei 2010 pada smartphine  Google Nexus one. Pada versi ini sudah mendukung Adobe Flash player 10.1.Peningktan pada kecepatan dan menutup aplikasi, serta penyimpanan SD card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo mucul, mulai banyak diskusi dan membahas mengenai persaingan antara Andorid dan iOS. yag akan semakin ketat dimasa yang akan datang.

8. Android Gingerbread (2.3) 

Pertama kali dirilis pada06 Desmber 2010. Terjadi banyak perubahan dan penigkatan di OS v2.3 ini. Di rancang untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game, serta mulai digunakannya Near Field Commuication (NFC), perbaikan terhadap layar rsolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v2.3.3 hingga v2.3.7. Dan untuk versi 2.3.3 hingga 2.3.7 dirilis pada 09 februari 2011

9. Android Honeycomb (3.1/3.2)

Versi 3.1 pertama kali dirilis pada10 Mei 2011 dan Motorola xoom yang pertama kali menggunakannya. Androi ini didesain  khusus  untuk pengoptimalan pengunaan pada tblet PC. Dan v3.2 dirili pada 15 juli 2011.

10. Android Ice Cream Sandwich (ICS) (4.0)

Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011 dan yang pertama kali menggunakan OS ini adalah samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangakat yang menggunak OS v2.3 / Gingebread, dapat di update ke versi ICS.

11. Android Jelly Bean (4.1),(4.2),(4,3)


Gambar. LG Google Nexus 4

Jelly Bean v4.1 pertama kali dirilis pada 9 Juli 2012 yang digunakan pada tablet Asus, yakni Google Nexus 7.  Dan juga diluncurkan pada acara Google I/O lau membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru, diantaranya peningkatan input keyboard, desain baru untuk pencarian, UI yaang baru dan pencarian melalui Voice search yang lebuh cepat, dan juga Goggle Now.

Jelly Bean v.4.2 pertama kali dirilis pada 13 November 2012 dan pertama kali dikenalkan mlalui LG Google Nexus 4.

Jelly Bean v4.3 pertama kali dirilis pada 24 Juli 2013 dan Nexus 7 generasi 2 yang prtama kali menggunakannya. OS merupakan pembaruan dari OS Jelly Bean versi sebelumnya

12. Android KitKat (4.4)

Gambar. Google Nexus 5
Pertama kali dirilis pada 03 September 2013. Pada Awal rilis  nama dari Android ini adalah "Key Lime Pie' (KLP) dikarenakan banyak yang tidak tahu rasa key lime pie, maka di ganti menjadi KitKat.

 Android KitKat memulai dubutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 September 2013. Dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari versi Android sebelumnya dan memiliki RAM 512 sebagai minimum.

13. Android Lolipop 5.x

Android Loliop adalah versi stabil dengan versi 5.0 dan 5.1 yang Diresmikan pada tanggal 25 Juni 2014 saat Google I/O, dan tersedia pada acara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014. Dan salalah satu perubahan yang paling menonjol dalam versi Lolipop yaitu user interface yang didesain ulang dan dibangun dalam bahasa desain yang disebut "Material Desain".

Perubahan lainnya yaitu perbaikan pembeitahuan yang dapat di akses dari LockScreen dan di tampilkan pada banner bagian atas screen. Google juga membuat perubahan yng ditunjukkan untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

14. Android Marshmallow (6.0)

Pertama kali dirilis pada 19 Agustus 2015 saat Google I/O. Menu aplikasi pada Android ini benar-benar dibuat baru, desainnya membuat pengguana lebih berkelas dari versi sebelumnya karena lebih dinamis.

Juga ada fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penggunaan pada tiap aplikasi.

Pada Android Marsmallow kamu bisa mengatur volume yang berbeda beda pada panggilan, media, dan alarm.

Kemanan juga meningkat pada versi ini, Google memungkinkan vendor menyematkan sesnsor pemindai sidik jari karena sudah didukung Android Marsmallow.

15. Android Nougat (7.0)


Gambar. NewLG V20
Android ini merupakan android versi terbaru yang telah dirilis, yaitu yang diumumkan pada tanggal 01 Juli 2016 dan diluncurkan pada 22 Agustus 2016 pada saat Google I/O. Google benarkan LG v20 adalah ponsel baru pertama yang menggunkan Android Nougat (7.0).

Pembaruan paling mendasar pada versi ini adalah kehadiran Goole Asisstant yang menggantikan Google Now. Google Asisstant lebih bisa diandalkan dalam menjalankan pembagi fungsi.

Fitu-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipkai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow, namun telah ditingkatkan.
Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality dari Google.



Gambar. Icon Android



Android Jelly Bean 4.1/4.2/4.3 adalah versi yang paling banyak digunakan yakni  57,3% dari keseluruhan perangkat Android di seluruh dunia..





Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....