Selamat tinggal Yahoo,si raja mesin pencari di era-90an

Share:
Google bukanlah satu-satunya mesin pencari di dunia.Bahkan Google juga bukan mesin pencari pertama yang ada di jagat internet.Tapi saat ini google dinilai sukses besar dibanding mesin pencari lainnya ditambah lagi dengan adanya Android,si robot hijau yang menambah income yang masuk ke dompet perusahaan Sergey Brin dan Larry page tersebut.

Selamat tinggal Yahoo
Logo Yahoo 

Yahoo pernah mencicipi manisnya menjadi raja mesin pencari

Sebelum kejayaan google,ada mesin pencari lain yang lebih dulu hadir dan menjadi raja.Yaitu Yahoo.Yahoo didirikan oleh Jerry Yang pada tahun 1994 di California,AS atau tepatnya perusahaan ini 4 tahun lebih tua dari Google.Saat itu Yahoo sudah sangat jauh populer dibanding Google.Banyak orang menggunakan fasilitas Yahoo untuk mencari informasi dan mengirim email dengan yahoo mail.

Tapi sekarang banyak hal telah berubah,orang-orang saat ini mulai meninggalkan Yahoo dan beralih ke Google.Saat masuk ke tahun 2000-an era kejayaan Yahoo harus terus dimakan oleh Google.Faktor pendukung diantaranya adalah karena masifnya dan inovatifnya layanan yang ditawarkan oleh Google.

Baca Juga




Google telah banyak memberikan fasilitas-fasilitas yang banyak di cintai masyarakat,diantara ada Youtube,Android,Blogger,dan Google Adsense (sebagai layanan pencari uang bagi publisher).Sedangkan Yahoo mereka tidak banyak berinovasi dan nyaman di zona aman.Apalagi setelah datang Facebook dan sosial media lainnya yang banyak menggerus penggunaan email,Dan yang terakhir adalah Android yang telah berhasil memonopoli penggunaan layanan-layanan google secara mudah dan gratis.
Data market share mesin pencari
Market Share 3 Mesin pencari tahun 2014 (sumber:venturebeat.com)
Padahal Di tahun 2002 saat umur google masih sekitar 4 tahun,Yahoo berniat membeli Google.Tapi,karena mereka kurang gigih,akhirnya pembelian itu tidak pernah terjadi.Hal ini yang juga sangat disesali yahoo.Dan akhirnya pun Google di atas awan.

Yahoo akhirnya harus tutup episode

Akhirnya yahoo harus menjual aset bisnis mereka setelah bertahun-tahun menanggung rugi.Sebagai raja mesin pencari di era 90-an,Yahoo akhirnya tamat di tahun 2016 dengan pengakuisisan oleh Verizon.

Verizon berhasil mengakuisisi Yahoo di kuartal ke-3 tahun 2016 dengan total 4,8 miliar dollar Amerika atau setara dengan 60 triliun rupiah,harga ini bahkan di anggap murah bagi sebagian orang.padahal Sebelum Verizon,Microsoft telah mencoba membeli Yahoo dengan harga yang lebih fantastis yaitu hampir 10 kali dari harga Verizon.Saat itu di tahun 2008 Microsoft menawarkan 40 miliar dollar Amerika kepada Yahoo,namun,yahoo menolak dan harus pasrah dengan harga murah saat ini.

MC Adam CEO Verizon
Mc Adam CEO Verizon(sumber:nbcnews.com)
walaupun begitu suramnya dan banyak orang menyesal dengan terjualnya Yahoo ke Verizon,Mungkin Verizon dapat membantu mengembalikan kejayaan Yahoo di masa lalu.Verizon nampaknya akan melakukan diversivikasi atau memperluas bisnisnya.Saat ini Verizon sangat merajai masalah teknologi komunikasi.Tapi sepertinya mereka akan mulai masuk ke bisnis periklanan yang saat ini sangat getol dimainkan oleh Mark Zuckerberg dengan facebooknya.

Di dunia bisnis teknologi seperti ini memang banyak hal yang harus diperhitungkan,Teknologi akan terus berkembang dan memunculkan banyak perusahaan yang bersaing.Yahoo bukanlah satu-satunya perusahaan yang tenggelam setelah merasakan kejayaan.Ada banyak perusahaan yang harus menerima getirnya kekalahan di pasar teknologi setelah mereka tertawa menikmati hasil yang memuaskan

Terus berinovasi,memberikan layanan-layanan yang mudah dan nyaman bagi semua orang adalah hal yang sulit apalagi bila kita tidak lebih gesit dari yang lain.Akhirnya Yahoo harus tutup episode setelah Verizon mencaplok Yahoo di bulan Juli 2016

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi