Sejarah munculnya mesin pencari

Share:

Search engine penertib kekacauan di lautan data yang luas

Search engine adalah mercusuar di lautan data yang luas.Tanpa itu,jaringan tidak akan berguna.Search engine atau mesin pencari adalah media pencarian informasi yang paling diminati banyak kalangan.Search engine menjadi jembatan antara pengguna yang haus akan informasi dengan pihak yang ingin memberikan informasi.

mesin pencari
(sumber:www.sidomi.com)
Sebenarnya search engine bukan teknologi yang terlalu lama.Pengembangannya dan peluncuran mesin pencari pertama baru di tahun 1990.Dan mesin pencari di dunia ini tidak hanya Google bahkan Google bukanlah search engine pertama yang ada di muka bumi ini.Dan fakta lain yang perlu kita ketahui adalah bahwa Google belum pantas dipanggil 'mbah google' karena Google lahir pada tahun 1998.


Siapakah yang lebih inovator,mereka yang menjual mimpi(apple).Ataukah mereka yang membagikan inovasi secara gratis(google)?.Google dan Apple adalah 2 perushaan besar,tapi apa yang menjadikan mereka memiliki perbedaan dalam pemikiran mereka tentang teknologi.klik baca

Apa itu search engine?

Sebelum kita masuk ke sejarah perjalanan Search engine,saya akan sedikit menjelaskan apa itu search engine?Menurut Wikipedia search engine (dalam bahasa inggris) artinya mesin pencari.Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam www,FTP,publikasi milis, dalam sebuah ataupun banyak komputer dalam satu jaringan.

Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas.

Informasi yang menjadi target pencarian dapat berupa halaman web,gambar,video,ataupun jenis berkas lainnya.Umumnya search engine dijalankan oleh perusahaan swasta dengan algoritma dan basis data tertutup.


Sejarah mesin pencari di muka bumi

Index miliaran halaman web di dunia telah mengguankan algoritma yang canggih untuk menafsirkan informasi.Sementara hari ini,sekitar lebih dari 60%(tahun 2016) pengguna web di dunia menggunakan google sebagai mesin pencari.Hal ini sangatlah berbeda saat media di tahun 1990-an.Yang mana Google adalah mesin pencari yang boleh dibilang sebagai pendatang baru.

1990

Pada saat itu mesin pencari pertama di dunia adalah archie(arsip tanpa huru 'v').Archie diciptakan pada tahun 1990 di McGill University oleh Alan Emtage.Archie diprogram sebagai database queryable melalui telnet.Yang memungkinkan pencarian untuk file dan folder pada server FTP.Selanjutnya ide mesin pencari itu berkorespondensi menjadi lebih baik di tahun 1991,dengan dikembangkannya layanan informasi gopher yang sudah mendukung operator boolean(and,or,not) untuk menghubungkan atau mengecualikan istilah pencarian.

archie
tampilan mesin pencari tertua di dunia,
saat itu hanya diprogram untuk mencari database queryable

1993

Pada kurun waktu 1993 hingga 1997,pertumbuhan search engine meningkat pesat.Datang mesin pencari baru bernama excite yang diciptakan oleh enam orang siswa di sebuah kampus.Sayangnya excite tidak bertahan lama.Kemudian dijual dengan harga 6,7 milliar dollar.

1994

Pada tahun 1994 dua search engine diluncurkan,yakni Altavista dan Yahoo,sebuah tonggak penting dalam pengembangan mesin pencari.Kemudian Hadirlah webcrawler pada tahun yang sama.Semua halaman dapat diindeks dan pencarian teks diaktifkan untuk pertama kalinya.

alta vista
gambar pencarian alta vista(sumber:marvist.com)

1996

Di tahun 1996 muncul serach engine bernama yandex yang saat ini masih menjadi mesin pencari terbesar di Rusia,dengan lebih dari 10 miliar situs diindeks.

1998

Pada tahun 1998,Larry page dan sergey brin membuat mesin pencari bernama Google.Google mengembangkan teknologi pagerank yang dapat mengevalusai link pada situs atau halaman web untuk menentukan relevansi dari sebuah web.

Google yang baru muncul di permukaan,langsung mengungguli para pendahulunya di bisnis mesin pencari,Saat ini Google memegang pangsa pasar terbesar secara global untuk search engine yang paling populer dengan total lebih dari 60% di dunia (tahun 2016).Di tahun 2004 Google melepas IPOnya dan berhasil mencapai 27 miliar AS.


sumber(usjoomlaforce.com)
Di tahun yang sama Microsoft juga mengembangkan serach engine bernama Microsoft MSN search dengan menggunakan teknologi pihak ke-3.

2008

Di tahun 2008 hadir mesin pencari bernama duckduckgo,angka pengguna duckduckgo saat ini meledak.Dan mesin pencari ini menjanjikan privasi penggunanya.Hadir di IOS 8 sebagai salah satu mesin pencari standar.

2009

Dit tahun 2009 munculah Bing,sebagai perubahan dari Microsft MSN yang pernah dibuat pada tahun 1998.Walaupun sudah berganti nama,Bing sampai saat ini belum mampu menggeser Google sebagai search engine yang paling banyak di gunakkan.

Itulah beberapa timeline dari mesin-mesin pencari yang ada.Sebetulnya Mesin pencari di dunia ini lebih dari itu.Ada di antarnya milik pribadi,lembaga,ataupun milik pemerintah.Dan jumlahnya mungkin akan bertambah banyak di masa depan.(sumber:majalah chip juli 2015).

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....