Segera tutup webcam anda dengan isolasi!

Share:

webcam
sumber (digitizor.com)

Menutup laptop anda dengan isolasi gelap atau dengan benda apapun yang dapat menempel dan tidak tembus pandang adalah ide yang bagus untuk mencegah seseorang mengintip aktivitas kita.Terutama ancaman dari para hacker yang mungkin ingin menguntit kehidupan pribadi dan lingkungan di sekitar kita.

Menutup webcam laptop dengan isolasi atau dengan semisalnya adalah praktek umum yang dilakukan oleh FBI dan kantor-kantor pemerintah lainnya dan merupakan hal yang masuk akal karena setiap orang bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan mereka sendiri.

Baca Juga



Kamera adalah celah keamanan

Harap diketahui bahwa FBI dan NSA memiliki kemampuan untuk menyebarkan malware yang dapat menyalakan perangkat webcam untuk memata-matai target.

Edward Snowden,salah satu buronan Amerika serikat yang dulu pernah bekerja di kantor pemerintahan rahasia(agen rahasia)telah membocorkan operasi optic nerve yang dilakukan NSA untuk menangkap gambar webcam setiap 5 menit dari pengguna yahoo secara acak,dan hanya dalam waktu enam bulan 1,8 juta foto pengguna ditangkap dan disimpan di server pemerintahan pada tahun 2008.

Karena implementasi yang tidak aman,perangkat yang terhubung ke internet atau istilahnya IOT(internet of things) seperti kamera keamanan begitu rentan terhadap hacker karena kebanyakan pembajak dilakukan dengan membajak kamera keamanan,yang akan mereka gunakkan sebagai senjata mereka dalam serangan cyber.

Jadi,walaupun anda telah menutup webcam anda,anda tetap perlu berhati-hati dengan setiap benda disekitar anda yang memiliki akses ke kamera dan tersambung ke internet.Mungkin saja hacker telah mengambil alih benda-benda tersebut tanpa kita sadari.

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....