IBM temukan jenis plastik baru yang lebih aman dibanding polycarbonate

Share:
Para peneliti IBM dikabarkan telah menemukan cara untuk mendaur ulang ponsel bekas dan CD menjadi plastik yang aman dan kokoh.Bahan polycarbonate yang biasa kita temukan pada CD dan ponsel akan didaur ulang menjadi barang yang bisa dipakai di dunia medis dan kedokteran.

plastik buatan IBM
Ilustrasi


Bahan Polycarbonate tidak aman

Bahan polycarbonate yang biasa kita temukan pada ponsel ternyata dapat menghasilkan racun.Dan teranyata polycarbonate tidak hanya pada ponsel.Bahan ini juga banyak ditemukan pada CD,layar LCD berbasis LED,lensa kacamata,dan beberapa perangkat rumah tangga.

Bahan polycarbonate nantinya akan menghasilkan BPA(bisphenol_A) seiring berlalunya waktu di tempat pembuangan sampah.Beberapa peneliti menyebutkan bahwa BPA yang tidak stabil dapat menyebabkan sejumlah zat kecil terlepas ke dalam makanan.

Open ID adalah sebuiah fitur yang diperuntukan bagi pengguna internet untuk masuk ke berbagai layanan di internet.Memiliki Open ID terverifikasi sagatlah menguntungkan karna dengannya kita dapat menyebarkan alamat situs kita tanpa terhitung spam...klikbaca

Pecahan zat BPA ini dapat tertelan oleh manusia atau hewan,dan akan bertambah banyak saat botol kemasan terkena panas.Menurrut peneliti BPA dapat mengganggu hormon.Efek buruknya dapat mengganggu kesehatan,sistem reproduksi,serta pertumbuhan dan perkembangan anak.


INOVASI IBM untuk ciptakan plastik model baru

Para ahli di IBM dikabarkan menggunakan bahan reaktan fluoride bahan dasar yang mirip dengan tepung kue dan suhu tinggi.Langkah ini disebut dapat menciptakan plastik model baru yang lebih aman dibandingkan polycarbonate dalam ketahanan terhadap suhu tinggi dan bahan kimia.

Bahan plastik ini diklaim cukup aman untuk peralatan medis dan penyulingan air.dan memenuhi syarat untuk bahan pembuatan lensa.Para ahli di IBM juga mengklaim bahwa plastik jenis baru ini cukup aman menghadapi pembusukan yang menjadi biang keladi munculnya BPA.

Dengan tetap berusaha agar limbah berbasis polycarbonate ini tidak dibawa ke tempat pembuangan akhir.kami berusaha mendaur ulang bahan plastik ini menjadi plastik yang baru.Plastik ini cukup kuat dan aman untuk penyulingan air,dan pembuatan alat-alat kedokteran.(ujar Jeanette Garcia salah satu peneliti IBM)
Ia menambahkan bahwa keberhasilan ini merupakan kemenangan lingkungan yang patut dirayakan.Ia juga menyatakan bahwa rekan penelitinya menggunakan kombinasi pemodelan predictive dan serangkaian percobaan di lab.Semua dilakukan untuk memungkinkan proses daur ulang bisa dilaksanakan dengan cara yang paling efisien dan sederhana.(sumber:majalah InfoKomputer agustus 2016)

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi