Rentetan peristiwa Akusisi Microsoft terhadap Nokia hingga diambil alih oleh Foxconn

Share:
Di tahun 2013 lalu dimana Steve Ballmer masih memimpin Microsoft.Microsoft mengambil alih bisnis nokia dan berharap dapat mengambil keuntungan dari penjualan windows phone.

nokia dan microsoft
sumber:(bedahtekno.com)
Tidak semulus harapan,Akuisisi Microsoft dengan Nokia ternyata hanya bertahan kurang lebih 3 tahun.Dan akhirnya divisi ponsel dijual kepada Foxconn.Beberapa pengamat juga mengatakan bahwa ini adalah akuisisi terburuk Microsoft yang pernah ada.

Akuisisi Microsoft dan nokia habiskan Rp79 triliun

Akuisis Microsoft telah diumumkan pada 3 september 2013.Dimana Microsoft membeli unit bisnis perangkat dan layanan Nokia senilai US$5 juta dan lisensi senilai US$2,2 juta.Secara total Microsoft telah membeli Nokia sebesar US$7,2 miliar atau setara dengan Rp 79 miliar.

nokia dan microsoft
kir-Stephen elop(mantan CEO Nokia)dan
Steve ballmer(mantan CEO Microsoft

Microsoft ambil 25 ribu karyawan

Akhirnya proses akuisisi Nokia oleh Microsoft rampung pada tanggal 25 April 2014 dengan mengambil alih 25 ribu karyawan yang tersebar di 50 negara.Selain itu Microsft juga telah mendapatkan 8.500 paten desain yang dibuat oleh Nokia.
Google menjadi mesin telusur atau Search engine yang paling populer.Tapi,tahukah anda bagaimanakah mesin pencari itu bekerja.Dan kenapa setiap masalah yang kita cari selalu ketemu,dan dari manakah semua pengetahuan googl....klik untuk baca

Microsoft mengganti merek Nokia

Pada bulan oktober 2014,Microsoft mengumumkan bahwa nantinya Lumia akan menggunakan nama Microsoft.Lumia 535 adalah ponsel pertama yang menggunakan nama Microsoft.

lumia 535
Microsft Lumia 535 sumber(Microsoft.com)

Rumahkan Karyawan

popularitas Windows kian turun bahkan sejak awal Nokia diakuisisi oleh Microsft.Pada kuartal ke-4 tahun 2015 tercatat ponsel Lumia hanya laku 4,5juta unit saja.Padahal pada tahun sebelumnya Microsoft berhasil membukukan penjualan ponsel sebanyak 10,5juta unit walaupun jumlah tersebut masih jauh dibawah harapan.

Dampak buruk tersebut membuat CEO baru Microsoft Satya Nadella me-restrukturisasi divisi.Dan berdampak pada pengurangan karyawan.Sebanyak 1.850 karyawan dari divisi mobile telah dirumahkan

Foxconn beli divisi feature phone

Dengan makin anjloknya penjualan.Akhirnya Nadella menjual divisi ponsel kepada Foxconn dan akan fokus pada layanan cloud lintas platform.

Transaksi ini mencapai US$350 juta atau sekitar Rp.4,6 triliun dan diharapkan transaksi ini selesai pada semester kedua tahun 2016.Perjanjian ini akan membuat HMD(anak perusahaan Foxconn)sebagai lisensi global tunggal untuk semua jenis telpon dan perangkat tablet Nokia.

Nokia siap berkiprah lagi

Dengan mengambil alih Nokia,Foxconn akan menguasai 4.500 karyawan dan termasuk fasilitas manufaktur di Hanoi,Vietnam.
nokia c-1
ilustrasi prototype Nokia c-1
Setelah diambil alih Foxconn.Nokia segera mengumumkan akan memproduksi kembali ponsel dan tablet dengan nama Nokia.Nama Nokia akan kembali ada di masyarakat untuk menjaga eksistensi dan kepopuleran Nokia di masa dulu.HMD berjanji mengucurkan dana sekitar US$500 juta atau sekitar Rp.6,6 triliun selama 3 tahun mendatang.Hal ini dilakukan untuk mendukung pemasaran tablet dan ponsel dengan nama Nokia di seluruh dunia.(sumber:majalah info komputer bulan juli tahun 2016)

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....