Santander,kota tua yang smart

Share:
Santander adalah kota tua yang terletak di pesisir utara spanyol.Dengan penduduk sekitar 180 juta jiwa.Tetapi,kini banyak tamu asing dari perusahaan teknologi ingin belajar keberhasilan santander yang telah menerapkan ICT dan internet of things(IOT)

kota santander
Kota Santander di pesisir utara spanyol(sumber:www.abc.es)
Jika anda pergi ke kota Santander anda tidak akan kesulitan lagi mencari tempat parkir.Tong-tong sampah tidak lagi anda temui dengan isi yang menggunung.Rumput,bungan,dan tanaman kota disiram secara teratur dan otomatis.

Di antara dampak positif yang bisa kita peroleh adalah bahwa,dengan adanya IOT dapat memaksimalkan dan meningkatkan produktifitas pada pekerjaan manusia.Bahkan....klik disini untuk membaca

Ada ribuan sensor yang terhubung ke internet yang dibenamkan di bawah jalanan untuk mengatur parkiran.Terdapat juga GPS di persimpangan jalan untuk memberikan petunjuk langsung pada pengemudi.

santander GPS
(sumber:muycomputer.com)

Proyek smart city santender

  • Digitalisasi dimulai pada tahun 2010.Proyek yang telah menghasbiskan US$11 juta ini,telah menginstalasi sebanyak 12 ribu sensor.Proyek ini dilaksanakan oleh Luis munoz dan telah rampung pada tahun 2013.
  • Dimulai dengan menanam sensor di tempat parkir yang tujuannya agar dapat memberikan tempat parkir yang masih kosong bagi kendaraan.
  • Kemudian di lanjutkan dengan memasang 2000 sensor pada lampu jalan dan bangunan untuk memonitoring suhu.
  • Sebanyak 60 sensor di pasang untuk memonitoring lalu lintas.
  • Sebanyak 50 sensor di tanam di kedua taman kota untuk mengukur parameter lingkungan
  • Kemudian sensor di pasanag lagi di kendaraan kota seperti bus,taxi,mobil polisi.

Yang dilakukan Santander

Sensor dapat digunakkan secara konsisten dan efesien.Dengan menanamkan sensor di berbagai titik yang berbasis mobile.Dengan hanya menggunakan smartphone akan memudahkan orang-orang untuk mengetahui berbagai informasi.

santander service
Beberapa kemudahan yang ditawarkan Santander (sumber:fed4fire.eu)

Semua diakses menggunakan smartphone.Hanya dengan menggunakan aplikasi mobile,penduduk santeder bahkan dapat menjadi sensor bergerak.Dengan mengunduh aplikasi pulse of the city semua warga dapat menggunakannya baik itu warga lokal,pemkot,maupun wisatawan.

Pemkot santender dapat mengamati denyut kota setiap saat hanya dengan melihat masukan dari warga lewat aplikasi tadi.


Konsep kota dinamis

Teknologi ICT telah meningkatkan kemudahan dan efesiensi pendanaan warga.Kemudian dibuatlah aplikasi ideas for all yang mirip dengan facebook untuk mempererat hubungan antar masyarakat kota.

(sumber:slideshare.net)
Mereka yang duduk di pemereintahan dapat menerima informasi realtime sehingga dapat merencanakan hal yang lebih baik dan lebih efektif.Lalu sumber daya dapat dikelola dan dialokasikan dengan lebih efektif.

Inilah konsep kota dinamis yang dapat berinteraksi dengan penduduk kota.Dan mendapatkan informasi yang penting yang terbuka untuk publik

Tidak ada komentar

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....