Made in china murah atau murahan?

Share:
Saat ini barang-barang china jumlahnya sangat banyak di Indonesia.Tidak hanya smartphone,jenis barang-barang lain pun ada,mulai dari baju,alat-alat dapur,mainan,barang elektronik,dan berbagai macam barang lainnya.
made in china
sumber:www.tribunnews.com
Tapi tahukah anda khususnya barang-barang elektronik yang kita pakai ternyata kebanyakan dibuat di china atau made in china.Sadar atau tidak sadar mulai dari merk terkenal yang namanya mendunia ada label made in china.Sampai merk-merk lokal yang harganya dijual murah itu juga made in china.

Jack ma pemilik atau CEO dari alibaba group adalah orang terkaya di china yang sukses pada IPO atau saham perdananya dia juga pernah dinobatkan sebagai 20 orang terkaya di dunia. baca kisah selengkapnya klik disini

Kita bisa dengan mudah menemukan barang-barang made in china yang merknya terkenal.Di antaranya ada Lenovo yang notabenenya adalah perusahan komputer.Perusahaan ini telah menjadi perusahaan komputer terbesar ke delapan di tahun 2004.

Pencapaian lainnya adalah perusahaan ini berhasil mengakuisisi perusahaan IBM dan membeli motorola mobility(sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Lenovo)
lenovo
(sumber:www.china.org.cn)
Ada juga Xiaomi yang namanya baru-baru ini terkenal,dikenla mirip dengan produk-produk buatan apple.Selain itu xiaomi juga pernah masuk ke jajaran vendor smartphone ke tiga dunia(sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Xiaomi)

Oklah,china memang bukan pionirnya dalam membentuk korporat besar.Data-data di atas belum bisa membuktikan bahwa china memang hebat.Tapi,yang tidak boleh diremehkan adalah daya produksi mereka yang handal.Mereka mampu memproduksi barang-barang dalam skala atau jumlah yang besar.Tapi tetap dengan harga yang murah.

Made in china murah atau murahan?
Sebenarnya barang-barang buatan china memiliki harga yang bervariatif dan kualitas yang bervariasi.Itu semua tergantung kepada pesanan pembeli dan pasar.
Kalo saya sendiri memang mengakui bahwa barang-barang made in china murah.Tapi tidak setiap barang made in china itu murahan.

Beberapa produsen besar telah saya sebutkan di atas dan namanya mendominasi komputer dan elektronik dunia.Saat ini,banyak produsen telah menggunakan china sebagai mitra bisnis mereka untuk memproduksi barang-barang elektronik.
Itu baru sedikit bukti.Jika anda pernah melihat iphone atau ipad.Sebelum iphone7(6s kebawah)dan ipad(kebanyakan) di rakit di china dengan LCD dan CPU buatan samsung (sumber:https://en.wikipedia.org/wiki/Apple_A9),
dan komponen-komponen terbesarnya adalah buatan foxconn(perusahaan asal taiwan).Jadi,mana yang asli buatan amerika?

iphone rakitan china
iphone assembled/rakitan in china
Bukti nyata lainnya adalah,anda bisa mempraktekannya langsung dengan pergi ke toko-toko elektronik atau counter-counter hp yang disana menjual merk-merk terkenal seperti samsung,nokia,blackberry,asus,acer,dan merk lainnya.Walaupun tidak seratus persen buatan china tapi itu sudah membuktikan barang-barang china ada yang berkualitas.

Jadi kesimpulannya adalah,china mungkin tidak terkenal dalam membuat perusahaan.Tapi,mereka terkenal dapat memproduksi barang-barang(khususnya elektronik)dalam jumlah besar dengan harga yang terjangkau.

China memiliki SDM dan SDA yang melimpah.Di china pekerja atau karyawan digaji murah.Hutan-hutan dan daerah yang belum diexplorasi di china membuat sumber daya alamnya melimpah.

 China VS Taiwan
Jika anda ingin melihat barang-barang buatan china yang berkualitas atau perusahaan besar yang namaya mendunia anda bisa lihat asus,acer,dan merk smartphone yang terkenal yaitu HTC.Mereka ini sebenarnya adalah pabrikan-pabrikan asal taiwan.

Kenapa saya masukkan ke dalam made in china? Karena dahulunya negara taiwan dahulunya adalah bagian dari china.Mereka memiliki budaya,bahasa,dan orang-orang keturunan china

Ada lagi perusahaan terkenal,yaitu foxconn.Foxconn atau honhai(sumber:www.foxconn.com) ini adalah perusahaan komponen elektronik terbesar di dunia yang bermitra dengan apple membuat komponen-komponen iphone dan ipad.
perusahaan foxconn
perusahaan foxconn sumber:www.pcworld.com
Beberapa orang beranggapan made in taiwan sama saja dengan made in china,dan beberapa orang tidak berpendapat sebaliknya.Walaupun taiwan adalah negara sendiri dengan pemerintahan sendiri,menurut saya apa yang dibuat taiwan berbeda dengan buatan china.

Sisi positifnya adalah negara-negara bagian asia dapat bersaing membuat alat-alat canggih yang tidak kalah dengan amerika dan eropa.Apple adalah perusahaan smartphoen dan komputer yang terkenal tapi kebanyakan dari produknya malah dikerjakan oleh pabrik-pabrik asal asia.Ini baru pabrik-pabrik atau perusahaan yang bergerak di bidang elektronika dan hardware,belum lagi kita membahas perusahaan asal asia yang bergerak di pengembangan peranti lunak dan perusahaan basis internet.Belum lagi kita membahas tokoh dari semua inovasi dan kreatifisasi dari semua teknologi dunia yang ada saat ini.

5 komentar:

  1. iya nihh,, jadi percaya sama cine dehh,, salutt,, tp btw,, pemilik blog ini china kah? jwb yaa.. makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.... gimana gan artikelnya? klo bagus share ke temen-temen klo jelek juga share ke temen-temen.

      ane bukan cina gan,cuma mirip aje

      Hapus
    2. ngga papa kok minn,,, aku juga cina kokkk,,, keturunan tiongkhoa...

      Hapus
  2. Kalau untuk sekelas saya artikel ini sangat biasa biasa saja, like everybody knew, mungkin orang-orang awam saja yg akan tertarik membaca, ulasannya cukup bagus dan gamblang, antara fakta dan opini cukup berimbang, hanya saja terlalu ringan untuk dibaca, mungkin karena temanya yg terlalu mainstream, atau mungkin banyak yang akan mengira ini hanya copas saja, kalau mau bagus menulis cobalah melihat suatu dari sudut pandang baru atau berbeda contoh misalnya "cina negara peniru ulung" atau "cina negara industri yang berotak barat" atau apalah apalah yang lainnya, dari judul saja sudah sangay tidaj menarik, mungkin kalau dalam dunia bisnis ini ibarat iklan yang tidak memiliki daya tarik sama sekali, tidak memiliki karakter, tidak terkesan untuk digali dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukkannya yang sangat hebat!.Untuk judul dan artikelnya coba saya terapkan nanti.

      oh,jagan lupa sering-sering main ke blog ane untuk baca artikel terupdate dan jangan lupa di share

      Hapus

tidak diperbolehkan meninggalkan link aktif dalam kolom komentar,atau letakkanlah link aktif pada kolom yang telah disediakan.Jika melanggar,kami akan hapus komentar anda.....