Biografi founder Alibaba group

Share:
Jack Ma adalah orang terkaya di China yang sukses pada saham perdananya atau IPO.Ungkapan from zero to hero adalah ungkapan yang tepat untuk jack ma yang dia berhasil mendirikan Alibaba dari nol yang memang jack ma dahulunya adalah orang yang miskin dan tanpa ada ilmu IT sedikitpun.

Jack Ma
Jack Ma (sumber:youtube.com)
Latar belakang Jack ma
Nama aslinya adalah ma yun lahir 10 September 1964.Dia adalah pendiri dan CEO dari Alibaba group.Dia juga adalah orang china pertama yang masuk dalam majalah forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia.Tercatat sebagai orang yang berpengaruh di dunia tahun 2015 silam (sumber:dikutip dari wikipedia)

quote ala Jack Ma (sumber:slideshare.net)
Menjadi seperti sekarang ini bukanlah hal yang mudah apalagi Jack ma dahulunya hanya seorang guru bahasa inggris.Jack ma pada tahun 2014 silam telah dinobatkan dan termasuk orang terkaya ke-23 di dunia menurut(Hurun rich list)

Dahulu,saat Ma kecil sering mendapatkan masalah.Ia lahir dari keluarga dengan ekonomi yang lemah.Selain itu Ma juga ditolak di beberapa sekolah karena nilainya yang kurang baik.Tapi ma kemudian dapat bertahan dan melewati masa-masa sulit tersebut.

Sejak umur 12 tahun hingga 20 tahun,Ma tertarik untuk menjadi pemandu turis.Saat itu ia mulai dekat dengan para turis.Kedekatannya dengan para turis merubah pola pikir Ma.Mungkin,sebab inilah yang membuat Ma merubah haluan 360 derajat menjadi pendiri perusahaan basis internet,padahal saat itu ia tidak memiliki pengetahuan tentang komputer.

Pada tahun 1995 Ma pertama kali menginjakkan kakinya di As dan sekaligus menjadi pertemuan petama kalinya Ma dengan internet.Ma mencari kata china di internet tapi,saat itu data yang Ma cari belum ada.

saat diwawancarai stasiun TV CNN,Ma mengatakan bahwa dirinya pertama kali kenal internet saat di seatle.Temanya mengatakan kepadanya tentang internet dan peluang dari bisnis internet tersebut.Saat itulah jiwa bisnis Ma memuncak(sumber:merdeka.com)
Lalu pada tahun 1995 Ma mendirikan china pages,yaitu sebuah website yang berisikan tentang indeks bisnis di tiongkok.Dimulai dengan 1 komputer yang digunakkan banyak orang,Ma banyak menghasbiskan uang untuk meregistrasi bisnis-bisnisnya dan berusaha mendapatkan dukungan pemerintah.

Di tahun 1997 Ma bergabung dengan pemerintah dan menjadi pemimpin perusahaan teknologi informasi yang dibangun oleh China International Electronic commerce center.

Awal Mula Alibaba
Saat Ma membawa nama internet ke tiongkok banyak orang mengejek Ma di karenakan Ma tidak memiliki skil atau pengetahuan tentang teknologi sedikitpun.Tapi,Ma tetap optimis dan sekarang akhirnya ia benar-benar sukses.
daftar anal perusahaan alibaba
keseluruh anak perusahaan Alibaba
(sumber:examine.com)
Dimulai dari 17 karyawan saja.Pada tahun 1990 Ma memberikan nama perusahaan e-commerce nya itu dengan Alibaba sebuah.Sebuah nama yang dia dapatkan agar semua orang tahu.Alibaba menjadi perusahaan jual beli,penawaran voucher,pengiriman paket dan pemabayaran online(e-payment).

Alibaba menjadi penghubung antar eksportir asing dan menjadi wadah untuk bertransaksi dengan dunia luar.Pada akhirnya Ma berhasil dan hampir ke semua anak perusahaannya populer di negara tirai bambu.Apalagi saat Ma melepas saham perdananya,saat itu pula kekayaan Ma melonjak drastis dan menjadikan dia orang terkaya di china tahun 2014(menurut:Hurun richlist)

2 comments:

  1. Sangat menginspirasi... good luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih masukkannya,sering-sering datang ke sini baut baca artikel terupdate dan jangan lupa share

      Delete

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi